5 Pilihan Makanan Sehat untuk Memperkuat Daya Ingat Anak

Avatar of Meilani
5 Pilihan Makanan Sehat untuk Memperkuat Daya Ingat Anak
Salah satu faktor yang dipercaya dapat mempengaruhi daya ingat anak adalah makanan yang dikonsumsi. Di antaranya Salmon, Telur, dan Sayuran./Bariatric Bites

PANGANDARAN TODAY – Setiap orangtua tentu merasa bangga memiliki anak yang cerdas dan bisa cepat menyerap apa yang diajarkan karena memiliki daya ingat yang kuat terhadap banyak hal.

Salah satu faktor yang dipercaya dapat mempengaruhi daya ingat anak adalah makanan yang dikonsumsi. Seperti dikutip dari laman WebMD.

Berikut lima makanan sehat yang bisa membatu perkuat daya ingat:

1. Ikan Salmon: Asupan Omega-3 untuk Pertumbuhan Otak Optimal
Andrea Giancoli, seorang ahli gizi terkemuka dari Los Angeles, menekankan bahwa ikan berlemak seperti salmon memiliki peran penting dalam meningkatkan daya ingat anak.

Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 DHA dan EPA, yang telah terbukti mendukung pertumbuhan dan fungsi otak. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan lebih banyak asam lemak ini dapat meningkatkan ketajaman pikiran dan keterampilan mental anak.

Baca juga:  RSUD Pandega Pangandaran Menggelar Imunisasi Bagi Pegawai Mulai 24-25 Januari 2024

2.Telur: Sumber Protein dan Kolin untuk Daya Ingat Optimal
Telur bukan hanya sebagai sumber protein yang baik tetapi juga mengandung kolin, nutrisi penting yang mendukung perkembangan daya ingat. Kandungan nutrisi ini membuat telur menjadi pilihan makanan yang sangat baik untuk memperkuat kapasitas kognitif anak.

3. Oatmeal: Sarapan Sehat untuk Otak yang Penuh Energi
Oatmeal, kaya akan serat, tidak hanya menyediakan nutrisi yang dibutuhkan otak sepanjang pagi di sekolah tetapi juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potasium, dan seng. Menurut Sarah Krieger, seorang konsultan di Florida, oatmeal memberikan energi yang luar biasa untuk otak anak di pagi hari.

4. Buah Beri: Tingkatkan Daya Ingat dengan Antioksidan Tinggi
Buah beri seperti stroberi, ceri, blueberry, dan blackberry bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan antioksidan, terutama vitamin C. Antioksidan ini membantu mencegah kerusakan sel dan mendukung kesehatan otak. Semakin pekat warnanya, semakin tinggi kandungan nutrisinya.

Baca juga:  5 Manfaat Daun Pepaya bagi Kesehatan Tubuh, Salahsatunya Menguatkan Tulang

5. Sayuran: Keberagaman Warna untuk Sel Otak yang Kuat dan Sehat
Tomat, ubi jalar, labu, wortel, dan bayam, dengan warna yang kaya dan pekat, menjadi pilihan sayuran terbaik untuk menjaga sel-sel otak tetap kuat dan sehat. Kandungan antioksidan dalam sayuran ini mendukung fungsi optimal otak anak.

Dengan memasukkan makanan-makanan ini dalam pola makan anak, Anda tidak hanya memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetapi juga memastikan bahwa daya ingat anak tetap optimal. Dengan begitu, mereka dapat belajar dan tumbuh dengan potensi maksimal.***