Bupati Jeje Melepas Rombongan Ratusan Jamaah Haji Asal Pangandaran

Avatar of Meilani
Bupati Jeje Melepas Rombongan Ratusan Jamaah Haji Asal Pangandaran
Jamaah haji asal Kab Pangandaran.?Dok Kemenag

PANGANDARANTODAY- Sebanyak 185 jamaah haji asal Pangandaran diberangkatkan oleh Bupati H. Jeje Wiradinata dari Bumi Perkemahan Loka Bina Pamugaran pantai Pangandaran, Minggu, (26/6/2022)

Jeje mengatakan, meski telah mengalami penundaan selama dua tahun karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia.

“Jamaah haji yang bisa berangkat tahun ini hendaknya bersyukur. Kalau sesuatu kesulitan kita sikap dengan arif, sabar dan ikhlas saya yakin bencana akan teratasi. Alhamdulillah kalau kita bersabar indah pada waktunya,” ujarnya.

Jeje mengatakan, meski pada jumlah jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini tidak sempurna, yang harusnya 300 orang namun hanya 185.

“Tapi hal ini patut kita syukuri,” ucap Jeje.

Baca juga:  Ribuan Kios di Pasar Leuwiliang Hangus Dilalap Sijago Merah, Mushola Masih Utuh

Dirinya pun berpesan kepada para jamaah haji, agar selalu menjaga kesehatan, makan teratur, melaksanakan ibadah yang wajib-wajib saja, melaksanakan apa yang jadi manasik-manasik haji.

“Saya minta maaf jika belum bisa memfasilitasi dengan baik keberangkatan bapak ibu sekalian,” ucap Jeje.

“Saya sudah perintahkan kepada jajaran Pemda agar menyewa bis yang paling bagus,” sambungnya.

Ia mengatakan bahwa selama perjalanan ke Asrama Haji Bekasi jamaah haji juga mendapatkan 2 kali makan, dan diberikan batik khas Pangandaran

“Doakan kami agar senantiasa sehat dan selalu berada di jalan yang lurus untuk melaksanakan amanat sebagai pemimpin di Pangandaran,” pesannya.

“Mudah-mudahan bapak ibu sekalian pulang dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” tuturnya.

Baca juga:  Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59 di Pangandaran, Ribuan Peserta Ikut Jalan Sehat

Sebelumnya Asisten Daerah I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Rida Nirwana melaporkan bahwa jamaah haji asal Kab Pangandaran tergabung dalam Kloter 34 JKS bersama 108 jamaah asal Kab Bogor, 106 jamaah asal Kab Ciamis sehingga total keseluruhan jamaah kloter 34 berjumlah 410 orang.

Kloter 34 JKS disertai oleh 1 orang TPHI yg berasal dari Kab Pangandaran, 1 TPIHI (Bogor), 2 TKHI (Bogor, Ciamis), 2 PHD (Bekasi, Garut)

Sebelumnya Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Rida Nirwana melaporkan bahwa pada tahun ini Pangandaran memberangkatkan 185 jamaah haji yang terdiri dari 106 perempuan, 79 laki-laki.

Jamaah haji termuda berusia 19 tahun atas nama Rika Ayu Rahma Suci sedangkan jamaah haji tertua berusia 64 tahun atas nama Ratmi Binti Wajo. Keberangkatan jamaah menuju asrama haji Bekasi menggunakan 5 armada bus.

Baca juga:  Ini Daftar Nama-Nama 40 Anggota DPRD Kab Pangandaran Terpilih Periode 2024 - 2029

Pelepasan jamaah haji dihadiri oleh Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin Indrawan, Ketua DPRD Asep Noordin, Sekda H. Kusdiana, Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran Hj. Ida Nurlaela Wiradinata, Kepala Kemenag H. Supriana beserta jajaran, dan tamu undangan lainnya.(*)