Deteksi Dini, Mahasiswa UNPAD Pangandaran Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Warga di Desa Selasari

Avatar of Meilani
Deteksi Dini, Mahasiswa UNPAD Pangandaran Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Warga di Desa Selasari
Mahasiswqa Fakultas Keperawatan UNPAD PSDKU Pangandaran melakukan pemeriksaan kesehatan warga di Desa Selasari.

PANGANDARANTODAY – Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (UNPAD) PSDKU Kabupaten Pangandaran menggelar kegiatan Bina Desa di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Sabtu 24 September 2023 pekan kemarin.

Menurut Pika Nurafipah Divisi Humas Bina Desa, kegiatan ini merupakan kepanitiaan “Future Nurse” merupakan program kerja Departemen Sosial dan Kemasyarakatan BEM Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran PSDKU Pangandaran.

“Tujuan untuk mendeteksi dini kesehatan umum yang dirasakan oleh masyarakat berupa pengukuran tekanan darah tinggi, kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat serta pengukuran berat badan dan tinggi badan,” kata Pika.

Dari kegiatan ini, pihaknya berharap masyarakat dapat melakukan pencegahan dini melalui pembinaan dan pemberdayaan dengan menggali dan mengembangkan potensi masyarakat.

Baca juga:  DPRD PANGANDARAN UCAPKAN HARI RAYA IDUL FITRI 2022

Kegiatan Bina Desa ini dihadiri oleh 41 orang yang merupakan perwakilan dari berbagai dusun yang ada di Desa Selasari untuk diberikan pemberdayaan melalui pemberian edukasi kesehatan mengenai “Ayo Jaga Pola Hidup Sehat!” dimana masyarakat memperoleh informasi baru mengenai pola hidup yang sehat untuk menghindari penyakit yang beresiko muncul seperti kolesterol tinggi, asam urat tinggi, diabetes, dan hipertensi.

“Selain diberikan pemeriksaan secara gratis, masyarakat juga diberikan pengetahuan interpretasi hasil dari masing-masing pemeriksaan untuk mengetahui mana hasil pemeriksaan dengan kategori normal atau tidak normal,” ujarnya.

Deteksi Dini, Mahasiswa UNPAD Pangandaran Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Warga di Desa Selasari
Mahasiswa Fakultas Keperawatan UNPAD PSDKU Pangandaran.

Ia juga berharap, setelah mengikuti kegiatan ini masyarakat dapat lebih memahami dan menerapkan pola hidup sehat serta meningkatkan kesadaran untuk segera memeriksakan ke pelayanan kesehatan terdekat apabila muncul
keluhan tanda gejala dari suatu penyakit, sehingga dapat mengantisipasi lebih dini.

Baca juga:  Rombongan Pelajar SMP Tersesat di Kawasan Wisata Hutan Cagar Alam Pangandaran

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Selasari Bapak Udin Tugaswara, A.md, juga turut hadir Kepala BLUD Puskesmas Desa Selasari Hj. Dewi Meilia, S.Kep., Ners, perwakilan Dosen Keperawatan Unpad PSDKU Pangandaran Siti Ulfah R. Fitri., S.Kep., Ners MNS.***