Diplomasi Maritim: KN. Gajah Laut – 404 Bakamla RI Mempererat Hubungan dengan Philippine Coast Guard

Avatar of Meilani
Diplomasi Maritim: KN. Gajah Laut – 404 Bakamla RI Mempererat Hubungan dengan Philippine Coast Guard
KN. Gajah Laut – 404 Bakamla RI Mempererat Hubungan dengan Philippine Coast Guard./Humas Bakamla

PANGANDARAN – Setelah melintasi lautan selama 2 hari, KN. Gajah Laut – 404 Bakamla RI tiba di Filipina dan disambut hangat oleh Kapal Philippine Coast Guard (PCG) FPB 2402 (BRP PANGLAO). Kejadian ini terjadi selama kegiatan Port Visit di Pelabuhan DPWH Wharf, Panacan, Davao City, Filipina, pada hari Senin (20/11/2023).

Kunjungan dari KN. Gajah Laut – 404 Bakamla RI merupakan kali pertama kapal ini singgah di Filipina. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat fungsi diplomasi, sebagai langkah konkret dalam meningkatkan dan mempererat kerja sama antara Indonesia dan Filipina.

Commander Coast Guard District Southeastern Mindanao, Commo Rejard V. Marfe, dengan penuh kehormatan menyambut kedatangan KN. Gajah Laut – 404. Kesempatan ini dianggap sebagai momen istimewa oleh Bakamla RI, menciptakan ikatan yang lebih erat di antara kedua negara.

Baca juga:  Gibran Rakabuming Raka Belum Pastikan Cuti dari Jabatan Wali Kota Surakarta

Komandan KN. Gajah Laut – 404, Letkol Bakamla Agus Tri Haryanto, S.T., M.T., merinci serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan selama kunjungan 4 hari ini. Acara dimulai dengan Open Ship KN. Gajah Laut – 404 yang akan dihadiri oleh Personel PCG. Dilanjutkan dengan Latihan SAR, kegiatan Olahraga Bersama, dan serangkaian kegiatan lainnya.

“Port Visit ini tidak hanya bertujuan untuk mempererat hubungan dengan Philippine Coast Guard melalui latihan bersama, tetapi juga untuk melibatkan diri dalam kegiatan sosial bersama, dengan harapan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat,” ungkap Letkol Agus Tri Haryanto.

Dalam kesempatan ini, Commander Coast Guard District Southeastern Mindanao didampingi oleh Staf Konsulat Jenderal RI PA ILO TNI Davao City, Letkol Laut (P) Wityuda Timortimur Suratmono, serta Staf Teknis Kepolisian AKBP Alex Willem Tlonaen. Keberadaan mereka menjadi simbol dukungan penuh dari Indonesia dalam memperkuat kerja sama maritim dengan Filipina.

Baca juga:  Bakamla RI Amankan Jalur Mudik di Perairan Karangasem Bali

Dengan kunjungan ini, diharapkan hubungan antara Indonesia dan Filipina semakin erat, membuka pintu untuk kerja sama yang lebih luas di bidang maritim.***(Humas Bakamla)