Dukung Kesadaran HIV AIDS: RSUD Pandega Pangandaran Bergerak Bersama Komunitas

Avatar of Meilani
Dukung Kesadaran HIV AIDS: RSUD Pandega Pangandaran Bergerak Bersama Komunitas
RSUD Pandega Pangandaran saat memperingati Hari HIV AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 01 Desember 2023./Dok. Humas RSUD Pandega

PANGANDARAN TODAY – RSUD Pandega Pangandaran turut ambil bagian dalam memperingati Hari HIV AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 01 Desember 2023.

Dalam rangka merayakan momen ini, RSUD Pandega Pangandaran melaksanakan kegiatan sosialisasi yang ditujukan kepada pasien, keluarga pasien, dan juga pegawai RSUD Pandega Pangandaran.

Kegiatan sosialisasi ini mengangkat tema “Bergerak Bersama Komunitas, Akhiri AIDS 2030.” Pelaksanaannya melibatkan seluruh lingkungan RSUD Pandega Pangandaran, meliputi sekitar IGD, Ruang Rawat Inap, Klinik Melati, Poliklinik Rawat Jalan, dan ruang staff pegawai.

Sosialisasi ini diadakan dengan tujuan meningkatkan kewaspadaan terhadap HIV, suatu ancaman serius yang dapat menghambat perkembangan generasi penerus bangsa dan berdampak pada aspek sosial dan ekonomi masyarakat.

Baca juga:  IFI Bekerjasama RSUD Pandega Pangandaran Lakukan Aksi Skrining Fisioterapis

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyebabkan rusaknya atau melemahnya sistem kekebalan tubuh. Sementara AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) merupakan kumpulan gejala penyakit yang muncul akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Gejala dan Dampak
HIV AIDS seringkali tidak menunjukkan gejala pada awal infeksi. Namun, bagi penderita yang sudah terinfeksi, dapat menyebabkan penurunan kekebalan tubuh, demam, nyeri otot, sakit tenggorokan, penurunan berat badan yang drastis, dan rentan terinfeksi jamur.

Pencegahan HIV AIDS
Pencegahan tetap menjadi kunci untuk mengatasi HIV AIDS. Beberapa langkah pencegahan yang dapat diambil antara lain tidak berganti-ganti pasangan, menghindari hubungan seksual dengan penderita HIV AIDS, tidak menggunakan jarum suntik bergantian, menghindari seks bebas, dan selalu menggunakan kondom saat berhubungan seksual.

Baca juga:  BINDA Jabar Gencar Vaksinasi Massal di Wilayah Kabupaten Pangandaran, Sasar Anak dan Lansia

Solidaritas Melalui Sosialisasi
Sebanyak 100 pcs pin dibagikan selama kegiatan sosialisasi sebagai bentuk solidaritas kepada ODHIV (Orang Dengan HIV). Harapannya, sosialisasi ini dapat menjadi langkah nyata dalam mendukung penanggulangan HIV AIDS demi mencapai tujuan Akhir AIDS pada tahun 2030.

Kolaborasi Efektif
Kegiatan ini berhasil terlaksana berkat kerjasama Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit, Humas dan Pemasaran, serta perawat Klinik Melati RSUD Pandega Pangandaran.

Konsultasi dan Tes HIV/AIDS
Untuk konsultasi dan pelayanan tes HIV AIDS, masyarakat dapat mengunjungi Klinik Melati RSUD Pandega Pangandaran yang buka setiap hari Selasa dan Rabu. Dengan adanya layanan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih proaktif dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran HIV AIDS di lingkungan sekitar.***

Baca juga:  RSUD Pandega Pangandaran Gencar Sosialisasikan Pelayanan "SOPAN" di Tiap Kecamatan