HUT RI ke 77, Bentangkan Bendera 1 Kilometer di Pantai Pangandaran

Avatar of Meilani
HUT RI ke 77, Bentangkan Bendera 1 Kilometer di Pantai Pangandaran
Bendera merah putih sepanjang 1 kilometer dibentangkan di pantai barat Pangandaran.

PANDANDARANTODAY- Bendera merah putih sepanjang 1 kilometer dibentangkan di pantai Pangandaran.

Pembentangan bendera merah putih dipimpin langsung oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata bersama Wakil Bupati Ujang Edin Indrawan.

Gerakan Nasional pembagian 10 juta bendera merah putih kepada masyarakat Kabupaten Pangandaran juga dihadiri oleh Sekda Kusdiana dan sejumlah pejabat, Ketua DPRD Asep Noordin, Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf. Wahyu Alfian Arisandi, Ketua TP PKK Kab Pangandaran Ida Nurlaela serta Ketua Darma Wanita Tini Ujang Edin Indrawan.

Pembentangan bendera merah putih mencuri perhatian wisatawan yang tengah melakukan aktivitas di pantai dan menyambutnya dengan teriakan ‘Merdeka Merdeka Merdeka’.

Baca juga:  Jembatan dan Jalan Penghubung Lintas Pesisir Pantai di Pangandaran Mulai Dibangun

Dalam kesempatan itu Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, pembentangan bendera merah putih ini masih dalam rangkaian ulang tahun kemerdekaan RI ke 77.

“Dalam rangka pembagian 10 juta bendera merah putih sepanjang 1 kilometer di pantai Pangandaran,” kata Jeje, Kamis, 18 Agustus 2022.

“Agar bendera merah putih tertanam di dada, semangat tetap di dada, Indonesia menjadi negara kesatuan yang harus kita jaga, kira pelihara dan kita rawat, karena dahulu untuk membentang bendera merah putih, para pejuang harus mengorbankan nyawa,” sambungnya.

Dan kata Jeje, nilai-nilai itu yang akan diambil sebagai bagian dari pendidikan karakter dan tentunya semua harapan tanah air menjadi kebangsaan bagi masyarakat terutama bagi anak-anak di Kab Pangandaran.

Baca juga:  Warga Temukan Penyu Sedang Brtelur di Pantai Pangandaran

“Ini suatu kerjasama yang baik antara pemerintah daerah Polres Pangandaran, Kodim 0613 Ciamis,” ujarnya.

Ia mengatakan, pembentangan bendera merah putih sepanjang 1 kilometer ini baru pertama dilakukan di pantai Pangandaran.

“Kalau tahun ini panjang bendera nya 1 kilometer, kedepannya bisa bertambah menjadi 2 kilometer, mungkin menjelang masa jabatan saya habis bisa bertambah menjadi 93 kilometer,” pungkasnya.

Sementara Kepala Kesatuan Kebangsaan dan Politik Kab Pangandaran Yani Achmad Marzuki menambahkan, pembuatan bendera merah putih sepanjang 1 kilometer ini memakan waktu selama 1 minggu.

“Dikarenakan di Pangandaran tidak ada yang mampu, maka pembuatan bendera dilakukan di Bandung yang dikerjasamakan dengan pihak perbankan (BJB),” kata Yani.

Lanjut Yani, pembentangan bendera merah putih sepanjang 1 kilometer ini melibatkan 1.000 orang yang terdiri dari unsur TNI-POLRI, Pramuka, Paskibraka, elemen masyarakat serta ormas-ormas lainnya,” kata Yani, seraya dirinya menambahkan, selain di pantai barat, bendera merah putih juga rencananya akan dibentangkan di pantai timur Pangandaran.***

Baca juga:  Diduga Ilegal, Ketujuh Penebang Sempat Dibawa ke Mapolres Pangandaran. Kapolsek Sidamulih: Demi Keamanan