Jenderal Agus Subiyanto Dilantik Presiden jadi Panglima TNI

Avatar of Meilani
Jenderal Agus Subiyanto Dilantik Presiden jadi Panglima TNI
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto./Dok Setpres

PANGANDARAN – Jenderal Agus Subiyanto resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Panglima TNI di Istana Negara Jakarta, Rabu (22/11/2023). Pelantikan Agus ini sekaligus menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November 2023.

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 102/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

“Memberhentikan dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono dari jabatannya sebagai Panglima TNI disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut,” bunyi keppres tersebut dibacakan Sekretaris Militer Presiden.

“Mengangkat Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI,” lanjut keppres.

Presiden Jokowi menyerahkan tongkat Panglima TNI kepada Agus dan membimbing Agus Subiyanto membacakan sumpah dan jabatan sebagai Panglima TNI.

Baca juga:  Panglima TNI Instruksikan Kampanye Aksi Pengurangan Sampah

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” janji dan sumpah Agus.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” lanjutnya.

Dalam pelantikan ini, hadir Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakim Ketua DPR Sufmi Dasco, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, higga Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Baca juga:  Ini Alasan Ketua KPK Firli Bahuri Menutupi Wajah saat Diperiksa di Bareskrim Polri

Sebelumnya, Dewan Perwakitan Rakyat (DPR) RI mengesahkan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono dalam Rapat Paripurna ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024.

“Apakah laporan Komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan fit and proper test calon Panglima TNI tentang pemberhentian Laksamana TNI Yudo Margono dan menetapkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI itu dapat disetujui?” ujar Ketua DPR RI, Puan Maharani di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (21/11/2023).

“Setuju,” jawab para peserta disusul ketuk palu Puan.

Diberitakan sebelumnya, Komisi I DPR RI menyepakati Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI baru menggantikan Laksamana Yudo Margono. Hal ini disampaikan seusai uji kelayakan dan kepatutan atau Fit and Proper Test.

Baca juga:  Presiden Pantau Langsung Pembagian BLT BBM di Lampung

“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI,” ungkao Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid dalam konferensi pers di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Selain itu, lanjut Meutya, Komisi I DPR RI juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Diketahui, Yudo menjabat Panglima TNI sejak 19 Desember 2022 menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai panglima TNI serta memberikan apresiasi atas dedikasinya,” tuturnya.***