Kabar Duka Lukas Enembe Meninggal Dunia. Ini Profil dan Jejak Karir Mantan Gubernur Papua

Avatar of Meilani
Kabar Duka Lukas Enembe Meninggal Dunia. Ini Profil dan Jejak Karir Mantan Gubernur Papua
Gubernur Papua nonaktif, Lukas Enembe yang terlibat dugaan suap dan gratifikasi./Twitter

PANGANDARAN TODAY – Mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe, menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa 26 Desember 2023. Berusia 63 tahun, Lukas Enembe tutup usia akibat sakit yang dideritanya.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, membenarkan kabar duka tersebut. “Benar, Lukas Enembe meninggal dunia pada pukul 10.45 WIB,” ujar Albertus Budi Sulistya saat dihubungi.

Profil Singkat Lukas Enembe

Lukas Enembe, lahir pada 19 Januari 1960, adalah figur yang pernah menduduki jabatan Gubernur Papua. Namun, karirnya diwarnai dengan kontroversi setelah divonis bersalah oleh Majelis Halkim Pengadilan Tipikor Jakarta.

Baca juga:  Pastikan Perjalanan Tanpa Hambatan: Tips Pemesanan Tiket Kereta Api Nataru 2023-2024

Jejak Kontroversi: Vonis dan Hukuman

Lukas Enembe terlibat dalam skandal suap dan gratifikasi senilai puluhan miliar rupiah. Pada hasil persidangan, Majelis Halkim menyatakan Lukas Enembe bersalah dan menjatuhkan hukuman pidana.

Pidana Penjara dan Denda

Selain hukuman penjara, Lukas Enembe dijatuhi denda sebesar Rp1 miliar, yang dapat digantikan dengan 4 bulan kurungan. Hukuman ini menjadi bagian dari putusan hukum atas kasus suap yang melibatkan mantan Gubernur Papua tersebut.

Pidana Pengganti

Selain denda, Lukas Enembe juga diwajibkan membayar pidana pengganti sebesar Rp47,8 miliar, atau dapat digantikan dengan 5 tahun penjara. Keputusan hukum ini memberikan gambaran jelas tentang seriusnya pelanggaran yang dilakukan oleh mantan pemimpin daerah tersebut.

Baca juga:  Bupati Pangandaran lakukan Takziah ke Rumah Keluarga Korban Ditabrak MOGE

Mengenang Jasa dan Kontroversi

Meskipun meninggalkan jejak kontroversial dalam karirnya, Lukas Enembe juga diingat atas kontribusinya sebagai Gubernur Papua. Peningkatan infrastruktur dan program pembangunan daerah adalah bagian dari warisannya.

Dengan meninggalnya Lukas Enembe, kita tidak hanya mengenang jejak kontroversialnya tetapi juga mengapresiasi kontribusinya dalam pembangunan Papua.

Profil mantan Gubernur Papua ini mencerminkan kompleksitas sosok publik yang tidak hanya dikenal melalui prestasinya tetapi juga kontroversinya dalam jalur politik dan hukum.***(PMJNews)