Keren, RSUD Pandega Raih Juara 1 Lomba Inovasi Literasi Balaputra Kabupaten Pangandaran 2023

Avatar of Meilani
Keren, RSUD Pandega Raih Juara 1 Lomba Inovasi Literasi Balaputra Kabupaten Pangandaran 2023
Direktur RSUD Pandega Pangandaran, Dr. dr. Hj. Titi Sutiamah, MM bersama Sekda Kusdiana dengan penghargaan yang diraihnya.

PANGANDARANTODAY – Tim Penilai Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Pangandaran Tahun 2023 terdiri dari dua juri asal Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Barat serta satu juri lainnya dari Universitas Padjajaran menetapkan Inovasi LITERASI BALAPUTRA (Layanan Terintegrasi Bayi Lahir Pulang dengan Akta Kelahiran) RSUD Pandega Pangandaran sebagai juara pertama pada lomba Inovasi Daerah Kabupaten Pangandaran Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh BAPPEDA Kabupaten Pangandaran. Kegiatan tersebut dalam rangkaian acara memperingati Milangkala ke 11 Kabupaten Pangandaran.

Dalam pers rilis Humas RDUD Pandega Pangandaran, inovasi pelayanan di RSUD Pandega Pangandaran mendapatkan penghargaan dari Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata saat upacara memperingati Milangkala ke 11 Kabupaten Pangandaran di alun-alun Parigi Selasa, (24/20/23).

Inovasi ini berupa pendaftaran kepersertaan BPJS Kesehatan bayi baru lahir dan proses pencatatan kependudukan yang dilakukan oleh petugas PIPP (Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan) RSUD Pandega Pangandaran.

Direktur RSUD Pandega Pangandaran, Dr. dr. Hj. Titi Sutiamah, MM menjelaskan “inovasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada pasien dan masyarakat sesuai dengan visi dan misi rumah sakit serta dalam rangka mendukung program kerja prioritas BPJS Kesehatan dan program Pemerintah Kabupaten Pangandaran sebagai Kabupaten Layak Anak”.

Keren, RSUD Pandega Raih Juara 1 Lomba Inovasi Literasi Balaputra Kabupaten Pangandaran 2023
Bupati Jeje Wiradinata sedang memberikan pengharagaan kepada Direktur RSUD Pandega Pangandaran Dr.dr. Hj. Titi Sutiamah MM.

Inovasi LITERASI BALAPUTRA RSUD Pangandaran ini terintegrasi dengan pengembangan dari inovasi sebelumnya telah ada dan dilakukan oleh BPJS Kesehatan yaitu memaksimalkan penggunaan Mobile JKN yang memberikan kemudahan kepada peserta JKN dalam mengakses informasi dan layanan dari fasilitas kesehatan termasuk dengan melakukan pendaftaran bayi baru lahir.

Baca juga:  DPRD Pangandaran Terus Optimalisasi Fungsi JDIH

“Tentunya hasil dari inovasi ini adalah bayi yang lahir di RSUD Pandega Pangandarana bisa mendapatkan Akta Kelahiran dan terdaftar dalam Kartu Keluarga serta menjadi peserta BPJS Kesehatan. Selain itu juga bisa mendapatkan hak pelayanan kesehatan diantaranya rawat jalan mulai dari pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi oleh Dokter Spesialis, rehabilitasi medis, pelayanan darah dan pelayanan penunjang lainnya serta rawat inap” tutur Titi.

Atas prestasi inovasi pelayanan LITERASI BALAPUTRA, RSUD Pandega Pangandaran mendapatkan reward dari Bupati Pangandaran berupa piala dan piagam.

“Apresiasi ini tentunya akan menjadi motivasi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik serta memudahkan akses pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya” tutup Titi.***

Baca juga:  SMPN 1 Pangandaran Galang dana untuk Anak Siswa Yatim Piatu dan Dhuafa