Mabes TNI Sentral Pagelaran Wayang Mendunia di 78 Titik Dengan 91 Dalang

Avatar of Meilani
Mabes TNI Sentral Pagelaran Wayang Mendunia di 78 Titik Dengan 91 Dalang
Mabes TNI Sentral Pagelaran Wayang Mendunia di 78 Titik Dengan 91 Dalang./ Puspen TNI

PANGANDARANTODAY – Tak habis-habis acara digelar oleh TNI dalam rangka memeriahkan HUT nya ke-78. Pada Jumat malam, 6/10/2023, Mabes TNI menggelar pertunjukan Wayang Kulit semalam suntuk bertempat di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Pagelaran yang terbuka bagi masyarakat umum dengan lakon Bimo Krido yang menampilkan 5 Dalang terbaik. Adapun kelima Dalang tersebut adalah dalang utama Ki Sigid Ariyanto dari Rembang, Ki Urip Widodo (TNI AU), Ki Agus Riyanto (TNI AL), Ki Suprianto (TNI AD) dan Ki Sriyanto dari Polri.

Pagelaran Seni Wayang dengan lakon Bimo Krido juga diselenggarakan secara serentak di 78 lokasi dengan 91 Dalang, baik di dalam maupun luar negeri. Dilansir dari Puspen TNI.

Baca juga:  Fashion Show Busana Muslim Meriahkan Perayaan HUT ke-4 RSUD Pandega Pangandaran

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI atau lebih dikenal dengan sapaan Laksamana Budayawan melalui video conference menyapa beberapa titik penyelenggara, diantaranya Washington DC USA, Paramaribo Suriname dan Sorong Papua Barat.

Dalam sambutannya Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas kerja sama prajuritnya dengan Polri dan juga seluruh komponen masyarakat.

“Kegiatan ini kita selenggarakan sebagai refreshing setelah berapa lama kita melaksanakan rangkaian persiapan upacara HUT Ke-78, kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, dalam pagelaran ini terdapat tuntunan dan tontonan yang diselenggarakan di 78 wilayah tiga diantaranya di luar negeri,” ujarnya.

Pesan moral dalam lakon Bimo Krido ini adalah keberanian Pandawa dalam memperjuangkan hak dan kedaulatan negara. Bahwa, kemerdekaan dan kedaulatan merupakan hasil perjuangan, bukan hasil perdamaian yang membuat kemerdekaan menjadi tidak utuh.

Baca juga:  Pesawat Latih TNI AU Jatuh di Pasuruan, 4 Prajurit Gugur

Diakhir cerita, dalam kisah perang Baratayuda, Bima berhasil mengalahkan Duryudana, disinilah titik puncak “Bima Krido” dalam memberantas kebatilan dan keangkara murkaan.

Laksamana TNI Yudo Margono berharap mudah-mudahan Pagelaran Seni Wayang ini bisa memberi hiburan tontonan dan tuntunan kepada masyarakat sebagai wujud kebersamaan TNI dan Rakyat.

Turut hadir dalam pagelaran wayang tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, Wakasau Agustinus Gustaf Brugman Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Vero Yudo Margono dan jajarannya, pejabat Kementerian dan Lembaga, pejabat utama Mabes TNI, pejabat utama Angkatan dan Polri serta tokoh masyarakat dan masyarakat umum.***

Baca juga:  Peduli Kesehatan, Satgas Yonif 126/Kala Cakti Lakukan Door To Door