Manfaat Luar Biasa dari Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh, Ini Kata Ahli Gizi

Avatar of Meilani
Manfaat Luar Biasa dari Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh, Ini Kata Ahli Gizi
Menikmati secangkir teh bermanfaat bagi kesehatan./ Istimewa

PANGANDARAN – Tradisi minum teh telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari sejak zaman dahulu.

Minuman ini tak hanya menjadi teman setia saat sarapan atau penghilang lelah sebelum tidur, tetapi juga menyempurnakan momen berkumpul bersama teman atau keluarga.

Kesehatan Jantung yang Terjaga dengan Teh Pilihan
Tidak hanya nikmat di lidah, teh juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa. Menurut ahli gizi Amy Goodson, teh hitam, teh hijau, dan teh kembang sepatu khususnya terkait erat dengan peningkatan kesehatan jantung.

“Berbagai jenis teh ini tidak hanya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL, tetapi juga meningkatkan fungsi kardiovaskular secara menyeluruh,” ungkap Goodson.

Baca juga:  Manfaat Luar Biasa Bangun Pagi untuk Kesehatan Anda

Fungsi Kognitif yang Meningkat: Rahasia Teh Hijau
Kebiasaan minum teh, terutama teh hijau, dapat memberikan dorongan signifikan pada fungsi otak. Kandungan sinergis L-theanine, asam amino, dan kafein dalam teh hijau diyakini memberikan manfaat kesehatan holistik.

“Teh hijau mengandung L-theanine, sebuah asam amino yang bekerja bersama kafein untuk memberikan peningkatan energi secara alami. Ini tidak hanya meningkatkan kewaspadaan, tetapi juga memperbaiki fungsi kognitif,” ungkap ahli gizi Trista Best.

Pencernaan Lancar dengan Bantuan Teh Herbal
Bagi yang mengalami masalah pencernaan, ada teh tertentu yang dapat memberikan bantuan signifikan. “Teh herbal seperti kamomil, pepermin, dan jahe dapat mendukung kesehatan pencernaan, meredakan gejala kembung, gangguan pencernaan, serta mual,” jelas ahli gizi Lisa Young.

Baca juga:  Peduli Kesehatan, Satgas Yonif 126/Kala Cakti Lakukan Door To Door

Relaksasi Optimal dengan Teh Kamomil
Teh kamomil, terbuat dari bunga kamomil kering, menjadi pilihan ideal untuk mencapai relaksasi dan tidur nyenyak. Konsumsi teh kamomil sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur berkat sifat penenangnya yang dapat memicu rasa kantuk.

“Teh kamomil dikenal karena efek menenangnya. Kandungan apigenin, sejenis antioksidan, bekerja pada reseptor tertentu di otak, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan tingkat relaksasi,” ujar Best.

Regulasi Metabolisme dengan Teh Pilihan
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Research in Medical Sciences menyatakan bahwa teh hijau memiliki dampak positif dalam mengatur metabolisme, yang juga berhubungan langsung dengan pengelolaan kadar glukosa dan berat badan.

Baca juga:  Mengatasi Gangguan Penglihatan pada Anak: Peran Penting Kacamata dan Gaya Hidup Sehat

Studi ini juga menunjukkan efek positif pada pasien diabetes. Jika Anda ingin mendukung regulasi metabolisme, cobalah konsumsi teh hitam, teh hijau, atau oolong.***