RSUD Pandega Pangandaran Gencar Sosialisasikan Pelayanan “SOPAN” di Tiap Kecamatan

Avatar of Meilani
RSUD Pandega Pangandaran Gencar Sosialisasikan Pelayanan "SOPAN" di Tiap Kecamatan
Direktur RSUD Pandega dr. Hj Titi Sutiamah (kanan), Camat Sidamuli Megi Parlumi, Kapolsek AKP. Sunarto dan Anggota Babinsa.

PANGANDARANTODAY – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandega gencar melakukan Sosialisasi Pelayanan atau disingkat SOPAN ke tiap-tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Seperti di Kecamatan Sidamulih, RSUD Pandega Pangandaran menggelar Sosialisasi Pelayanan (SOPAN) yang dihadiri langsung oleh Camat Megi Parlumi, Direktur RSUD Pandega Pangandaran dr. H. Titi Sutiamah, Kepala BPJS Kesehatan Pangandaran Dadan Ramdan Nugraha, Kepala Puskesmas Cikembulan Tati Aldo (Jasa Raharja), Kapolsek Sidamulih AKP. Sunarto, Babinsa Sidamulih Kodim 0625/Pangandaran serta para Kepala Desa.

Inovasi Sosialisasi Pelayanan RSUD Pandega Pangandaran sudah dilakukan sejak bulan Juli 2023 lalu ke sejumlah kecamatan.

SOPAN merupakan sebuah inovasi RSUD Pandega Pangandaran yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pelayanan, sarana prasarana serta Sumber Daya Manusia atau SDM di rumah sakit yang berkompeten.

Baca juga:  Pentingnya Imunisasi bagi Bayi dan Anak Melalui NGOBATAN di RSUD Pandega Pangandaran
RSUD Pandega Pangandaran Gencar Sosialisasikan Pelayanan "SOPAN" di Tiap Kecamatan
dr. Liza saat memaparkan inovasi “SOPAN” RSUD Pandega.

Dalam sosialisasinya, Kabid Pelayanan Medis RSUD Pandega Pangandaran dr. Liza Octa Ferostina mengatakan, hasil dari sosialisasi tersebut diharapkan pemerintah desa bisa memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat terkait alur rujukan ke rumah sakit.

“Hal ini ditujukan untuk meminimalisasi kesalahpahaman pada masyarakat apabila ada pasien yang akan melakukan rujukan,” kata Liza.

Liza menerangkan, rujukan eksternal dilakukan untuk status pasien rawat jalan atau poliklinik (RS Luar Pangandaran) terlebih dahulu. Maka pasien harus mendapatkan rujukan awal dari FKTP untuk menuju ke FKTL (RS minimal tipe C).

Kemudian, pasien akan mendapatkan surat pengantar dan rujukan lanjutan ke FKTP dengan tipe RS yang lebih tinggi atau memiliki layanan kesehatan yang lebih lengkap.

Baca juga:  Petugas Gabungan Razia Tengkulak di Pangandaran

“Tapi kalau pasien dengan keadaan gawat darurat yang memerlukan pemeriksaan lebih lengkap, pasien dapat dirujuk eksternal langsung oleh FKTL (RS) ke FKTL lebih tinggi. Dengan melalui alur dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi atau SISRUTE,” terangnya.

Selain memberikan informasi, kegiatan inovasi SOPAN ini sebagai ajang mempromosikan rumah sakit kepada masyarakat. Bahwa RSUD Pandega sudah menyandang predikat paripurna.

Meski begitu, manajemen RSUD Pandega terus berupaya untuk memberikan dan meningkatkan mutu pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Karena kesehatan anda adalah kepuasan kami,” pungkasnya.***