Tragis Bus PO Handoyo Terbalik di Tol Cipali, Menewaskan 12 Penumpang, Ini Kronologisnya

Avatar of Meilani
Tragis Bus PO Handoyo Terbalik di Tol Cipali, Menewaskan 12 Penumpang, Ini Kronologisnya
Bus PO Handoyo mengalami kecelakaan dan terguling di KM 72 ruas jalan Tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat./Twitter @merapiuncover

PANGANDARAN TODAY – Bus PO Handoyo mengalami kecelakaan maut dan terguling di KM 72 ruas jalan Tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat. Kejadian tragis ini menyebabkan 12 penumpang tewas, Jumat 15 Desember 2023 sore.

Menurut Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, kronologi kecelakaan tersebut bermula saat bus melaju dari arah Cirebon menuju Jakarta dengan kecepatan tinggi di Km 72/B Tol Cipali.

Bus oleng karena kondisi jalan yang menikung ke kiri, dan dugaan pengemudi kurang antisipasi membuat bus tersebut tak terkendali. Setelah oleng, bus menabrak guard rail, mengakibatkan terguling dengan posisi roda kiri di atas.

“Jadi posisi bus setelah terbalik berada di badan jalan menghadap arah selatan,” ujar Edwar Zulkarnain dalam keterangannya.

Baca juga:  Kapolres Pangandaran AKBP Imara Utama Pimpin Sertijab Kasat Res Narkoba

Edwar Zulkarnain menyatakan dugaan sementara bahwa kecelakaan bus tersebut disebabkan oleh kurangnya kendali sopir terhadap laju kendaraan. Meski demikian, polisi terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti insiden tersebut.

“Dugaan sementara bus tersebut mengalami kecelakaan lantaran kelalaian pengemudi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Edwar mengungkapkan bahwa dari 12 korban meninggal dunia, tiga di antaranya laki-laki dan sembilan perempuan. Selain itu, dua korban mengalami luka berat, sementara tujuh lainnya luka ringan.

“Korban luka berat dan ringan langsung mendapat perawatan intensif di RS Siloam,” tukasnya.

Dengan peristiwa tragis ini, masyarakat diingatkan akan pentingnya keamanan berkendara dan antisipasi terhadap kondisi jalan.

Semoga kecelakaan serupa dapat dihindari dengan peningkatan kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas.*** (PMJNews)

Baca juga:  Kecelakaan Maut Kembali Terjadi di Ruas Jalan Tol Cipali Memakan Korban