Wujudkan Eco Green Tourism di Wisata Green Canyon, PLN Kerjasama dengan Pemkab Pangandaran

Avatar of Meilani
Wujudkan Eco Green Tourism di Wisata Green Canyon, PLN Kerjasama dengan Pemkab Pangandaran
Bupati Jeje sedang menandatangani kerjasama dengan PLN.

PANGANDARAN TODAY – PT. PLN (Persero) telah menjalin kerjasama yang erat dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran, ditandai dengan penandatanganan kesepakatan yang berlangsung di hotel Horison Palma Pantai Pangandaran pada Senin, 11 Desember 2023.

Susiana Mutia, General Manager (GM) PT. PLN Jawa Barat, menjelaskan bahwa penandatanganan kerjasama Eco Green Canyon untuk objek wisata Green Canyon atau Cukang Taneuh telah disetujui oleh Bupati Pangandaran dan didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Menurut Susiana, selama tiga bulan terakhir, pihaknya telah berdiskusi intensif dengan Pemda Pangandaran untuk mengubah Green Canyon menjadi destinasi Eco Green Tourism.

“Ketika kita berbicara tentang ‘green,’ tentu kita bicara tentang kehijauan,” ujar Susiana Mutia di Pangandaran pada Senin, 11 Desember 2023.

Baca juga:  APDESI Pangandaran Setujui Soal Pinjaman Pemerintah Daerah untuk Menutupi Defisit Pasca Pandemi

Susiana menegaskan bahwa tujuan dari Green Eco Tourism ini adalah untuk mencapai target net zero emission pada tahun 2050. Salah satu upaya PLN, khususnya di Jawa Barat, adalah memastikan sektor pariwisata dapat mendukung pencapaian net zero emisi.

“Kami melihat bahwa objek wisata Green Canyon ini sangat luar biasa. Bahkan perahu wisata yang awalnya menggunakan bahan bakar konvensional kini beralih menjadi perahu listrik. Kami juga melakukan rebranding pada bangunan dan pemandu wisata. Baterai dan kompor di warung UMKM kami ganti dengan teknologi induksi dan elektronik,” ungkapnya.

Susiana menyebutkan bahwa terdapat 80 perahu dan 41 kompor di warung UMKM di objek wisata Green Canyon. “Kami juga memasang SPKLU untuk mengecas baterai,” katanya. Ia menambahkan bahwa penggunaan perahu listrik dapat menghemat biaya secara signifikan.

Baca juga:  Sampah Kiriman Masih jadi PR untuk Wisata Pantai di Pangandaran

Jeje Wiradinata, Bupati Pangandaran, menyatakan bahwa kehadiran PLN memberikan kontribusi positif untuk sektor pariwisata dan menjadi bagian penting dalam pengembangan objek wisata Green Canyon di Kabupaten Pangandaran.

“Dengan adanya Eco Green Tourism, kita dapat memiliki pariwisata yang ramah lingkungan, membuat keberlanjutan di Green Canyon semakin panjang dan berkelanjutan. Penggunaan bahan bakar minyak tidak akan lagi mencemari keindahan alam yang ada di Green Canyon,” ujar Jeje.***