Bantahan Satgas Damai Cartenz terhadap Klaim Pernyataan TPNPB-OPM tentang Pembakaran Kampung di Papua Tengah

Avatar of Meilani
Bantahan Satgas Damai Cartenz terhadap Klaim Pernyataan TPNPB-OPM tentang Pembakaran Kampung di Papua Tengah
Kepala Satgas Humas Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno memberikan keterangan pers./Divhumas Polri

PANGANDARAN TODAY – Satgas Damai Cartenz dengan tegas membantah klaim yang disampaikan oleh Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, mengenai dua kampung di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, yang disebut telah dibakar oleh aparat TNI-Polri.

Kepala Satgas Humas Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno, menegaskan bahwa klaim tersebut hanyalah propaganda yang disebarkan secara massif oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan tersebar luas di media sosial. Menurutnya, tidak ada keterlibatan dari pihak Satgas Damai Cartenz dalam insiden tersebut, dan situasi Kamtibmas tetap dalam keadaan aman terkendali, sebagaimana yang ditulis di PMJNews

Sebelumnya, Sebby Sambom juga mengklaim adanya tindakan kekerasan terhadap masyarakat setempat, termasuk pemukulan dan interogasi terhadap pendeta Eriak Waker dan warganya. Namun, hal ini dibantah oleh pihak Satgas Damai Cartenz sebagai bagian dari upaya propaganda KKB.

Baca juga:  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Memimpin Rakernis Gabungan Lima Divisi Polri

Kapolres Puncak, Papua Tengah, Kompol I Nyoman Punia, menjelaskan bahwa Puskesmas di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, menjadi sasaran pembakaran oleh KKB OPM saat aparat TNI-Polri sedang melaksanakan patroli gabungan pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Dengan penegasan ini, Satgas Damai Cartenz berupaya mengklarifikasi dan menyampaikan informasi yang benar terkait dengan situasi di Papua Tengah, serta menegaskan komitmennya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah tersebut.***