Cek Kesiapan, Pemda Bersama Polres Pangandaran Lakukan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Lodaya 2022

Avatar of Meilani
Cek Kesiapan, Pemda Bersama Polres Pangandaran Lakukan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Lodaya 2022
Bupati Jeje bersama Kapolres Pangandaran AKBP. Hidayat.

PANGANDARANTODAY- Pemerintah bersama Polres kabupaten Pangandaran apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 dalam rangka menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah tahun 2022.

Apel yang diikuti unsur TNI-Polri, Basarnas, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Jaga Lembur, Balawista dan Pramuka itu dilaksanakan di alun-alun Paamprokan Pamugraan pantai barat Pangandaran, Jumat, 22 April 2022.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, apel diawali dengan rapat koordinasi tentang pengamanan oleh pemerintah daerah bersama Polres Pangandaran yang saat ini ditindaklanjuti dengan pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022.

“Untuk mengecek kesiapan pengamanan Operasi Ketupat Lodaya hari raya Idul Fitri di Kab Pangandaran,” ungkap Jeje.

Baca juga:  Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko Pamitan Kepada Prajurit dan Persit Kodim 1710/Mimika

Untuk kesiapan protokol kesehatan di objek wisata saat liburan perayaan hari raya idul fitri 2022, kata Jeje, seperti yang disampaikan dalam amanat Kapolri, apa-apa saja yang harus dilakukan tentunya segala sesuatunya sudah dipersiapkan yang akan dilaksanakan sinergitas antara TNI dan Polri, pemerintah daerah dan masyarakat.

“Karena ini mudik dan liburan hari raya yang pertama setelah dua tahun terakhir ini. Dan objek wisata di pangandaran sudah dibuka 100 persen karena kita berada di level 1 PPKM Jawa dan Bali,” kata Jeje.

Dirinya berharap, pelaksanaan mudik bisa berjalan dengan baik begitu juga dengan arus balik, kemudian dengan kunjungan wisata bisa berjalan dengan lancar dan tidak terjadi klaster Covid-19.

Baca juga:  SEJARAH RSUD PANDEGA Pangandaran, Rumah Sakit Daerah Paling Keren di Jawa Barat

“Sehingga liburan bersama bisa berjalan dengan aman dan lancar yang merupakan target dari apel gelar pasukan ini,” harapnya.

Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat mengatakan, dikarenakan Pangandaran merupakan daerah pariwisata, maka diprediksi bakal terjadi lonjakan pengunjung wisata di H+1 hingga H+7 hari raya Idul Fitri 2022.

“Untuk antisipasi terjadinya kerumunan, kami sudah melaksanakan kegiatan pra pengamanan antisipasi jalur-jalur mana saja yang sekiranya pada saat H+1 hingga H+7 itu terjadi kerawanan-kerawanan yang ada di masyarakat khususnya di objek wisata,” kata AKBP Hidayat.

Ia mengatakan, sudah tersedia Pos PAM dan Pos Yan berjumlah 17 pos dan 1 Pos terpadu di gedung Tourism Information Centre (TIC).

Baca juga:  Pemkab Pangandaran Hadiri Rakor Lintas Sektoral Persiapan Pengamanan Pemilu 2024

Adapun jumlah personel yang terlibat dalam pelaksanaan PAM hari raya idul fitri 2022, kata AKBP Hidayat sebanyak 267 personel yang yang terdiri dari TNI-Polri serta unsur gabungan instansi terkait, seperti Basarnas, BPBD, Dishub dan Satpol PP dibantu oleh Satgas jaga Lembur dan Balawista.***