Deteksi Dini Batu Empedu Lewat NGOBATAN di RSUD Pandega Pangandaran oleh dr Rai Tunggal Ismaya Sp.Rad

Avatar of Meilani
Deteksi Dini Batu Empedu Lewat NGOBATAN di RSUD Pandega Pangandaran oleh dr Rai Tunggal Ismaya Sp.Rad
Dokter Spesialis Radiologi RSUD Pandega Pangandaran dr. Rai Tunggal Ismaya, Sp. Rad./Dok Humas RSUD Pandega

PANGANDARANTODAY – Sosialisasi dan edukasi deteksi dini Batu Empedu melalui Ngobrol Bareng Seputar Kesehatan atau disingkat NGOBATAN di RSUD Pandega Pangandaran, Jumat 10 November 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Radiologi Sedunia yang jatuh pada tangal 08 November 2023.

NGOBATAN ini dilaksanakan di ruang tunggu poliklinik lantai 3 dengan narasumber Dokter Spesialis Radiologi RSUD Pandega Pangandaran yaitu dr. Rai Tunggal Ismaya, Sp. Rad dengan membawakan materi mengenai Deteksi Dini Batu Empedu.

Kegiatan NGOBATAN ini diberikan secara gratis pada pengunjung baik secara langsyung ataupun tidak langsung, karena edukasi ini juga disiarkan live melalui akun instagram resmi milik RSUD Pandega Pangandaran.

Baca juga:  Pentingnya Kesadaran Akan Infeksi Gigi, Ini Penjelasan drg. Rani Septikasari di Acara Ngobatan RSUD Pandega Pangandaran

Batu empedu terdapat di dalam kandung empedu karena adanya endapan satu alau lebih komponen empedu seperti kolesterol, bilirubin, garam empedu, kalsium, asam lemak dan fosfolipid.

Deteksi Dini Batu Empedu Lewat NGOBATAN di RSUD Pandega Pangandaran oleh dr Rai Tunggal Ismaya Sp.Rad
NGOBATAN di RSUD Pandega Pangandaran./Dok. Humas RSUD Pandega

Kandung empedu ini adalah tempat cairan empedu dikumpulkan sebelum disekresikan kedalam usus halus. Fungsinya sendiri untuk membantu penyerapan lemak dalam tubuh dan membantu kerja hati dalam proses pengeluaran zat sisa metabolisme.

Faktor penyebab adanya batu empedu antara lain :
1) Usia,
2) Berat Baan berlebih,
3) Kurangnya aktifitas fisik,
4) Faktor keturuan.

Gejala yang sering dirasakan oleh penderita batu empedu ialah nyeri perut sebelah kanan atas atau di area ulu hati dengan kombinasi muntah da mual serta ada kenaikan suhu tubuh, terjadi perubahan warna urin dan feses, dan adanya rasa nyeri saat perut ditekan.

Baca juga:  RSUD Pandega Pangandaran Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi dan Birokrasi yang Bersih

Cara mencegah agar tidak terkena batu empedu yaitu :
1) Mengontrol berat badan,
2) Mengatur pola makan,
3) Olahraga secara teratur,
4) Hindari konsumsi obat tertentu.

Jika sudah terdiagnosa batu empedu maka tindakan pengobatan yang bisa dilakukan diantaranya dilakukan tindakan bedah, diet rendah lemak tinggi kalori dan protein, pemberian antibiotik, pemeriksaan X-Ray abdomen, dan CT Scan.

Jika ada keluhan seperti yang dijelaskan di atas maka segera konsultasikan ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan/ atau Dokter Spesialis Bedah di RSUD Pandega Pangandaran yang buka dari hari senin s.d sabtu sehingga bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut.***