Jadwal Pemeriksaan Engko Sosialine Magdalene Soal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes oleh KPK

Avatar of Meilani
Jadwal Pemeriksaan Engko Sosialine Magdalene Soal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes oleh KPK
Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat memberikan keterangan pers./YouTube KPK RI

PANGANDARAN TODAY – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) periode 2018-2021, Engko Sosialine Magdalene pada Senin (5/2/2024).

Sebagaimana yang ditulis oleh PMJNews, Ali Fikri, Kabag Pemberitaan KPK, menyatakan bahwa Engko diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat pelindung diri (APD) di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tim penyidik KPK telah menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi di Gedung Merah Putih KPK, termasuk Engko Sosialine Magdalene.

Selain Engko, KPK juga memanggil saksi lain, yaitu Sestama BNPB periode 2019-2020, Harmensyah, untuk diperiksa dalam kasus yang sama.

KPK menduga kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi APD di Kemenkes mencapai lebih dari Rp625 miliar. Ali Fikri telah mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan konfirmasi kepada ahli terkait perhitungan kerugian negara tersebut dan memastikan bahwa KPK akan mengusut kasus ini hingga tuntas.

Baca juga:  Pengusutan Dugaan Pemerasan Terhadap Syahrul Yasin Limpo: Proses Tanpa Hambatan Menurut Polda Metro Jaya

KPK akan melanjutkan proses penyelidikan, melakukan konfirmasi kepada ahli perhitungan kerugian keuangan negara, memanggil tersangka, melakukan penahanan, dan menyelesaikan proses hingga penutupan di persidangan. KPK bertekad untuk menangani kasus ini secara menyeluruh dan menyelidiki semua pihak yang terlibat.***