Jembatan dan Jalan Penghubung Lintas Pesisir Pantai di Pangandaran Mulai Dibangun

Avatar of Meilani
Jembatan dan Jalan Penghubung Lintas Pesisir Pantai di Pangandaran Mulai Dibangun
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan jembatan dan jalan di pesisir pantai Karang Tirta, Senin, (22/8/2022).

PANGANDARANTODAY- Jembatan dan jalan penghubung lintas pantai karang Tirta Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran mulai dibangun.

Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Jeje Wiradinata yang dilanjutkan oleh Ketua DPRD Asep Noordin dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Ling Ling Nugraha Senjaya, Senin, (22/8/20220).

Sebelumnya, pemerintah daerah juga telah membangun jembatan merah yang menghubungkan pelabuhan Cikidang dengan pantai timur Pangandaran yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

Bupati Jeje mengatakan, pemerintah daerah membangun jalan lintas pesisir mulai dari pantai Pangandaran hingga ke pantai Madasari Cimerak.

Baca juga:  Pemkab Pangandaran Hadiri Rakor Lintas Sektoral Persiapan Pengamanan Pemilu 2024

“Nah sekarang mulai membangun jembatan dan jalan lintas pesisir di pantai Karang Tirta, sehingga pusat keramaian pengunjung bisa merata. Tingkat kunjungan wisata ke pantai Batu Hiu juga akan tambah ramai,” kata Jeje.

Begitu juga jembatan dan jalan lintas pesisir yang ada di Bojongsalawe dan Nusawiru Jeje menargetkan akan rampung di tahun anggaran 2023 mendatang.

Ia mengatakan, ada tiga fokus pemerintah daerah yang menjadi syarat dengan kepentingan publik, seperti yang akan dibangun jembatan dan jalan di pantai Karang Tirta dalam rangka peningkatan pembangunan kawasan wisata, kedua pembangunan gedung perpustakaan yang dalam waktu dekat ini akan selesai, dan yang ketiga adalah Mall Pelayanan Publik (MPP).

Baca juga:  Optimalisasi Pendapatan Daerah, Bupati Jeje Ngantor di Bapenda

“Gedung Sekolah dasar yang sekarang dijadikan kantor perijinan akan didesain dan direhab, sehingga segala macam pelayanan perijinan akan nyaman dan aman,” kata Jeje.

Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin mengatakan, sebenarnya pembangunan jalan lintas pesisir ini selaras dengan program Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Program pembangunan lintas pantai ini sudah lama dibahas oleh Bappenas. Waktu ini Pangandaran masih menginduk dengan Kabupaten Ciamis,” ungkap Asep.

Maka dengan dibangunnya jalan lintas pesisir pantai di Kabupaten Pangandaran dirinya berharap bisa meningkatkan destinasi wisata yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Apalagi di objek wisata pantai Karang Tirta ini akan dikembangkan menjadi wisata yang juga terdapat lagun, sehingga menambah daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk berwisata,” kata Asep.

Baca juga:  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Kota Baru Pangandaran

Seraya dirinya berharap, pembangunan jembatan dan jalan lintas pesisir pantai mulai dari Pamugaran Pangandaran, Karang Tirta hingga Batu Hiu dan Bojong Salawe Parigi bisa selesai tahun 2022 ini.

Lalu Kadis Pekerjaan Umum, Tata Ruang Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Ling Ling Nugraha Senjaya menyampaikan, pembangunan jembatan sepanjang 200 meter dan jalan sepanjang 2 kilometer ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Banprov Jawa Barat.

“Total pagu anggaran untuk pembangunan jembatan dan jalan sekitar 90 miliar. kami menargetkan bulan Desember 2022 akhir pekerjaan jembatan dan jalan sudah selesai,” kata Ling Ling.