Kekalahan Timnas Indonesia di Piala Asia Qatar 2024: Shin Tae-yong Protes Gol Kontroversial

Avatar of Meilani
Kekalahan Timnas Indonesia di Piala Asia Qatar 2024: Shin Tae-yong Protes Gol Kontroversial
Timnas Indonesia di Piala Asia Qatar 2024./PSSI

PANGANDARAN TODAY – Timnas Indonesia yang berkompetisi di Grup D Piala Asia Qatar 2024 harus merasakan kekalahan 1-3 dari tim tangguh Irak. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Ahmed Bin Al pada Senin (15/1/2024). Meski demikian, kekalahan ini tidak lepas dari kontroversi, khususnya menurut pelatih Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan ini menyatakan ketidakpuasannya terkait gol kedua yang dicetak oleh Irak. Menurut Shin, gol tersebut seharusnya dinyatakan offside, dan dia meyakini bahwa wasit membuat keputusan yang keliru.

“Saya ingin menyampaikan mengenai gol kedua yang kami terima, karena itu bukan gol yang dapat kami terima. Ini adalah seratus persen offside dan kesalahan keputusan yang dibuat oleh wasit,” ungkap Shin setelah pertandingan.

Baca juga:  Imas Yanuar Atlet Disabilitas Asal Pangandaran Raih 2 Emas 2 Perak ASEAN Para Games 2022

Shin Tae-yong menilai bahwa keputusan wasit terkait gol kontroversial tersebut dapat merusak citra turnamen Piala Asia. Baginya, gol kedua Irak yang seharusnya dinyatakan offside adalah momen yang memalukan, terutama karena terjadi di waktu tambahan.

“Hal ini dapat memperburuk citra dari turnamen ini. Bagi saya gol kedua ini sangat memalukan, karena ini adalah momen krusial di waktu tambahan,” tegas mantan pelatih Timnas Korsel ini.

Meski merasakan kekalahan, Shin Tae-yong tetap memberikan apresiasi terhadap perjuangan timnya. Ia mengakui bahwa para pemain telah berjuang dengan baik meskipun hasil akhir tidak sesuai harapan.

“Selamat kepada Irak atas kemenangannya. Walau demikian saya sampaikan, tim kami telah menunjukkan perjuangan yang baik,” kata Shin.

Baca juga:  Persiapan Tim U-23 Indonesia untuk Piala Asia 2024: Tantangan Berat di Grup A

Dengan hasil kekalahan di pertandingan kedua Grup D, saat ini Indonesia menduduki posisi terbawah klasemen sementara tanpa poin. Vietnam, yang juga belum meraih poin, berada di posisi ketiga karena unggul produktivitas gol dari Indonesia.

Irak, yang berhasil meraih 3 poin, menempati posisi kedua klasemen sementara. Sementara itu, Jepang, yang memiliki poin sama namun unggul produktivitas gol, berada di puncak klasemen. Pertandingan selanjutnya, Indonesia dijadwalkan menghadapi Vietnam pada laga kedua.***(PMJNews)