Kemenparekraf Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam Indonesia Adventure Race di Pangandaran Mulai 1 hingga 3 Desember 2023

Avatar of Meilani
Kemenparekraf Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam Indonesia Adventure Race di Pangandaran Mulai 1 hingga 3 Desember 2023
Kemenparekraf Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam Indonesia Adventure Race di Pangandaran Mulai 1 hingga 3 Desember 2023./ Kemenparekraf

PANGANDARANTODAY – Dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengajak seluruh masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam event nasional “Indonesia Adventure Race (IAR)” yang rencananya akan dilaksanakan pada 1 hingga 3 Desember 2023, di Pangandaran Jawa Barat.

“Bagi para penggemar wisata alam bisa mengambil bagian dari race ini sekaligus untuk menjajaki destinasi pariwisata yang luar biasa seperti Pangandaran yang masuk sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Jawa Barat,” kata Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu dalam “The Weekly Brief with Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin lalu.

Dalam pers rilisnya, Vinsensius turut mengapresiasi Wanadri selaku inisiator yang menghadirkan event berkualitas sejalan dengan upaya Kemenparekraf dalam mengembangkan event sport tourism tanah air.

“Harapannya melalui event ini bisa mendatangkan crowd dan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa terutama dalam menggerakkan wisnus dan wisman,” ujar Vinsen.

Indonesia Adventure Race merupakan kompetisi beberapa olahraga yang dikemas dalam konsep petualangan alam, sehingga medan atau jalur yang ditawarkan akan menampilkan panorama alam Pangandaran yang memukau. Untuk kompetisinya sendiri terdiri dari lari, sepeda, dayung, hingga tracking.

Ketua Pelaksana Indonesia Adventure Race, Ilham Gumilang, menjelaskan hal yang mendasari hadirnya event IAR adalah keinginan untuk membangun sebuah ekosistem advanture race di Indonesia. Sebab, negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Filipina, serta Brunei Darussalam sudah memulainya lebih dahulu di awal tahun 2000-an.

Baca juga:  Polisi Duga Jasad di BKT Cakung Korban Pembunuhan, Ditemukan Sejumlah Luka

“Karenanya target kita diawal ini adalah pengenalan dan peminatan dahulu,” kata Ilham.

Ilham menjelaskan dalam satu tim terdapat lima anggota yang terdiri dari 1 manager support dan 4 atlet. Untuk kategori perlombaannya sendiri ada dua yakni fun adventure dan extreme adventure. Fun adventure diawali dengan lari sejauh 5 kilometer, kemudian bersepeda sejauh 43 kilometer, dayung/lari 1,5 kilometer, dilanjutkan dengan bersepeda lagi sejauh 17 kilometer, dan diakhiri dengan lari/tracking sepanjang 8 kilometer.

Sementara, untuk extreme adventure dimulai dengan lari sejauh 12 kilometer, lalu bersepeda sepanjang 158 kilometer, kemudian dayung/lari selama 3 kilometer, bersepeda 8,5 kilometer, dan lari/tracking sejauh 18 kilometer.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai tata cara atau biaya pendaftaran dapat mengakses media sosial Instagram melalui akun @iar.official.

Baca juga:  Buka FGD Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik di Lingkungan TNI, Tunjangan Kinerja TNI jadi 80 Persen?

Turut hadir Penasehat Wanadri, Erry Riyana dan Ketua Dewan Pengurus Wanadri, Ichwan Supria Nurhasan.*** (Kemenparekraf)