Ketua KPK Firli Bahuri Dicecar 15 Pertanyaan Atas Dugaan Kasus Pemerasan Terhadap Syahrul Yasin Limpo

Avatar of Meilani
Ketua KPK Firli Bahuri Dicecar 15 Pertanyaan Atas Dugaan Kasus Pemerasan Terhadap Syahrul Yasin Limpo
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat memberikan keterangan./PMJNews

PANGANDARAN – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sudah selesai menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Bareskrim Polri.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan bahwa pemeriksaan hari ini Kamis (16/11/2023) berlangsung selama kurang lebih 3,5 jam.

“Sekira pukul 10.00 WIB telah dilakukan pemeriksaan permintaan keterangan tambahan terhadap FB selaku Ketua KPK RI dalam kapasitasnya sebagai saksi di ruang riksa Dittipidkor Bareskrim Polri di lantai 6 dan tadi sekira pukul 13.45 pemeriksaan telah selesai dilakukan terhadap FB Ketua KPK RI,” ujar Ade Safri kepada wartawan, Kamis (16/11/2023).

Baca juga:  Ungkap Dugaan Transaksi Janggal Kampanye Pemilu 2024: KPK Terima Laporan dari PPATK

“Setidaknya ada 15 pertanyaan yang diajukan kepada FB selaku Ketua KPK RI dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk dimintai keterangan tambahannya pada hari ini,” imbuhnya.

Kendati demikian Ade Safri tidak menyampaikan lebih jauh perihal materi pemeriksaan hari ini terhadap Firli Bahuri dilakukan oleh tim penyidik gabungan Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri.

Ia hanya menyampaikan bahwa pemeriksaan dilakukan terkait dugaan tindak pidana korupsi dan juga dilakukan terhadap 3 orang saksi dari pegawai KPK hari ini.

“Terhadap 3 pegawai KPK RI lainnya saat ini pemeriksaan masih berlangsung,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Firli Bahuri diduga sudah selesai menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Baca juga:  Ini Alasan Ketua KPK Firli Bahuri Menutupi Wajah saat Diperiksa di Bareskrim Polri

Firli diduga berusaha menghindari dari awak media yang menunggu kemunculannya di Bareskrim Polri usai menjalani pemeriksaan dengan bersembunyi di kursi belakang kursi pengemudi dengan menunduk dan ditutupi dengan tas yang dibawanya.

Mobil Hyundai berwarna hitampelat B 1917 TJQ yang diduga membawa Firli Bahuri keluar dari pintu di koridor di ujung Bareskrim Polri sekitar pukul 14.36 WIB.***(PMJNews)