Keunggulan Jepang di Laga Grup D Piala Asia 2023: Analisis Mendalam

Avatar of Meilani
Keunggulan Jepang di Laga Grup D Piala Asia 2023: Analisis Mendalam
Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda kalah 1-3 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1)./PSSI

PANGANDARAN TODAY – Timnas Indonesia menghadapi kekalahan di laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 saat bersua Jepang, dengan skor akhir 1-3 di Stadion Al Thumama, Doha, pada Rabu (24/1). Mari kita telaah momen krusial dalam pertandingan ini.

Hanya lima menit setelah kick-off, Jordi Amat dari Timnas Indonesia melakukan pelanggaran terhadap Ayase Ueda di kotak penalti. Wasit Khamis Mohammed Al-Marri, asal Qatar, memberikan tendangan penalti setelah mengkaji VAR. Ayase Ueda menjadi algojo penalti dan sukses mencetak gol, sebagaimana yang ditulis dalam kanal pssi.org.

Dalam 15 menit pertama, Indonesia kesulitan mengembangkan permainan, sementara Jepang terus menekan pertahanan Garuda. Marselino Ferdinan mencoba memberikan gebrakan, namun usahanya hanya menghasilkan sepak pojok setelah diblok oleh Yuta Nakayama.

Baca juga:  Kekalahan Timnas Indonesia di Piala Asia Qatar 2024: Shin Tae-yong Protes Gol Kontroversial

Pada menit ke-34, Keito Nakamura dari Jepang mengancam gawang Indonesia, tetapi usahanya mengenai tiang kanan. Babak kedua dimulai dengan cepat, Ayase Ueda mencetak gol lagi pada menit ke-51 setelah menerima umpan dari Ritsu Doan. Indonesia mencoba memperkecil skor, tetapi tendangan Marselino Ferdinan dari luar kotak penalti tidak membuahkan hasil.

Jepang menambah keunggulan dengan gol ketiga setelah Justin Hubner membuat kesalahan fatal. Indonesia berhasil mencetak gol hiburan di menit 90+1 melalui Sandy Walsh setelah lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Meskipun Indonesia kalah, peluang ke babak 16 besar masih terbuka lebar. Dengan peringkat ketiga di Grup D, Indonesia memiliki tiga poin dari tiga laga. Syaratnya sederhana: Bahrain harus kalah minimal 0-3 dari Yordania, dan Oman tidak boleh menang atas Kirgistan. Semua mata tertuju pada hasil laga-laga ini untuk menentukan nasib Garuda di turnamen ini.***

Baca juga:  Persiapan Tim U-23 Indonesia untuk Piala Asia 2024: Tantangan Berat di Grup A