Memajukan Pramuka Garuda di Pangandaran, 300 Anggota Baru Dikukuhkan

Avatar of Meilani
Memajukan Pramuka Garuda di Pangandaran, 300 Anggota Baru Dikukuhkan
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat melantik Pramuka Garuda Tahun 2023 di aula SMAN 1 Parigi./Istimewa

PANGANDARAN TODAY – Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Pangandaran H Jeje Wiradinata melantik Pramuka Garuda Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pangandaran Tahun 2023.

Upacara pelantikan Garuda Pramuka berlangsung di Aula SMAN 1 Parigi, Kamis 23 November 2023 dengan memberikan tanda Pramuka Garuda kepada 300 anggota baru.

Anggota Pramuka Garuda terdiri dari Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, dan Pramuka Penegak. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Jeje yang juga menjabat Bupati Pangandaran berharap, agar Pramuka Garuda terus meningkatkan kemampuan diri dan menjadi teladan bagi lingkungan. Peran mereka juga melibatkan bantuan untuk menggiatkan gugus depan di masing-masing sekolah.

Baca juga:  Dana Triliunan Disiapkan Pemerintah Pusat untuk Membangun Pangandaran

Jeje menyampaikan harapannya agar Pramuka Garuda dapat menjadi pilar generasi muda Kabupaten Pangandaran yang berkualitas dan berkarakter. Lebih dari sekadar pemberian tanda, hal ini juga menjadi investasi pada tunas-tunas Pangandaran dan generasi muda untuk terus berkembang dalam pengabdiannya pada nusa dan bangsa.

“Kami tidak hanya memberikan tanda Pramuka Garuda kepada anggota Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak, tetapi juga kepada tunas-tunas Pangandaran, generasi muda Pangandaran. Terima kasih karena kalian telah lolos menjadi Pramuka Garuda,” kata Jeje.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada para anggota Pramuka yang telah berusaha untuk mencapai status anggota Pramuka Garuda.

“Anak-anakku sekalian, untuk sampai menjadi Pramuka Garuda tentu melibatkan proses, pembinaan, dan pembelajaran dari kakak pembina. Kalian harus menjadi perbeda sebagai anak didik Pramuka Garuda, baik dalam kedisiplinan maupun rasa tanggung jawab,” ujarnya.

Baca juga:  Pemkab Pangandaran Hadiri Rakor Lintas Sektoral Persiapan Pengamanan Pemilu 2024

Seraya dirinya memberikan dorongan kepada seluruh anggota Pramuka Garuda untuk terus meningkatkan kemampuan mereka.

“Mulai hari ini, teruslah kobarkan semangat untuk menggapai prestasi di tingkat-tingkat lebih tinggi. Ini adalah medali awal untuk terus melaju menjadi generasi yang kompeten,” pungkasnya.

Acara pengukuhan ini dihadiri oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pangandaran, Drs. Apip Winayadi, para Wakil Ketua Kwarcab, Kepala Pusdiklatcab Pangandaran, Ketua LPK Kwarcab Pangandaran, para Ketua Kwartir Ranting se-Kwarcab Pangandaran, para Ketua Mabigus, dan Pembina se-Kwarcab Pangandaran. Kehadiran mereka menambah semarak acara dan menunjukkan dukungan terhadap perkembangan Pramuka Garuda di Pangandaran.***