Mengupas Kegiatan SOPAN Bersama KOHATI HMI Pangandaran, RSUD Pandega Libatkan Kades Kesehatan

Avatar of Meilani
Mengupas Kegiatan SOPAN Bersama KOHATI HMI Pangandaran, RSUD Pandega Libatkan Kades Kesehatan
Pandega Pangandaran kembali menggelar Sosialisasi Pelayanan (SOPAN)./Dok.Humas RSUD Pandega

PANGANDARAN TODAY – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandega Pangandaran kembali menggelar Sosialisasi Pelayanan (SOPAN), kali ini dihadiri oleh 93 kader kesehatan perwakilan desa se-Kabupaten Pangandaran, Kamis 30 November 2023.

Kegiatan ini mengusung tema “Bersama Kader Kesehatan Menuju Masyarakat Pangandaran yang Sehat dan Bahagia.”

Sasaran Kader Kesehatan dari 93 Desa
SOPAN kali ini menunjukkan perbedaan signifikan, fokusnya adalah 93 kader kesehatan perwakilan dari seluruh desa di Kabupaten Pangandaran. Kolaborasi dilakukan bersama KOHATI HMI Komisariat Pangandaran, menambah dimensi kegiatan ini.

Dibuka oleh Direktur RSUD Pandega Pangandaran
Direktur RSUD Pandega Pangandaran, dr. H. Titi Sutiamah, M.M., membuka kegiatan ini. Inovasi SOPAN telah dilaksanakan sejak Juli 2023, mencakup empat kecamatan.

Baca juga:  Persiapan Pemilu 2024: Sortir dan Lipat Surat Suara di Pangandaran
Mengupas Kegiatan SOPAN Bersama KOHATI HMI Pangandaran, RSUD Pandega Libatkan Kades Kesehatan
Foto bersama usai kegiatan./Dok. Humas RSUD Pandega

Meningkatkan Pemahaman Masyarakat
SOPAN, inovasi dari RSUD Pandega Pangandaran, bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pelayanan, sarana prasarana, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten di rumah sakit. Bidang Pelayanan Medis RSUD Pandega Pangandaran, Rika, menyampaikan harapannya agar kader dapat memberikan edukasi dan informasi langsung kepada masyarakat.

Meminimalisasi Kesalahpahaman
Dalam sosialisasi, Rika menekankan bahwa para kader memiliki peran penting dalam meminimalisasi kesalahpahaman masyarakat terkait alur rujukan ke rumah sakit. Mereka diharapkan dapat memberikan informasi yang lengkap, terutama mengenai pelayanan di RSUD Pandega Pangandaran.

Alur Rujukan dan Aplikasi SISRUTE
Rika menjelaskan bahwa rujukan eksternal dilakukan terlebih dahulu untuk pasien rawat jalan atau poliklinik (RS Luar Pangandaran). Pasien harus mendapatkan rujukan awal dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) menuju Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut (FKTL) dengan tipe RS yang lebih tinggi.

Baca juga:  BIN Gelar Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Selasari Parigi

Promosi Rumah Sakit dan Kolaborasi dengan Pihak Eksternal
SOPAN bukan hanya memberikan informasi, tetapi juga menjadi ajang promosi untuk RSUD Pandega Pangandaran. Keberadaannya didukung oleh Kepala BPJS Kesehatan Unit Pangandaran dan perwakilan dari Jasa Raharja, yang menjelaskan alur penanganan kecelakaan lalu lintas dan kerjasamanya dengan RSUD Pandega Pangandaran. Semakin banyak informasi yang tersebar, diharapkan masyarakat menjadi semakin percaya dan nyaman berobat ke rumah sakit tersebut.

Dukungan Manajemen RSUD Pandega Pangandaran
Kegiatan SOPAN ini sukses berkat dukungan positif dari Manajemen RSUD Pandega yang berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan. Pesan yang diusung: “Kesehatan Anda adalah Kepuasan Kami,” menjadi landasan bagi upaya mereka dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.***

Baca juga:  Satlantas Polres Ciamis Sosialisasikan Protokol Kesehatan dengan Menempel Stiker di Pangandaran