NGOBATAN di RSUD Pandega: Waspada Kanker Serviks Sedini Mungkin, Berikut Faktor Penyebabnya

Avatar of Meilani
NGOBATAN di RSUD Pandega: Waspada Kanker Serviks Sedini Mungkin, Berikut Faktor Penyebabnya
dr. Alexander Marvin Susatya, Sp.OG., M.Kes sedang memaparkan tentang bahaya kanker serviks kepada warga di RSUD Pandega Pangandartan./Dok Humas RSUD Pandega

PANGANDARAN TODAY – RSUD Pandega Pangandaran dalam rangka memperingati Bulan Kesadaran Kanker Serviks yang diperingati setiap bulan Januari menggelar acara NGOBATAN (Ngobrol Bareng Seputar Kesehatan) dengan tema Waspada Kanker Serviks Sedini Mungkin bersama dr. Alexander Marvin Susatya, Sp.OG., M.Kes Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSUD Pandega Pangandaran sebagai narasumber, Kamis, 11 Januari 2024.

Ngobatan dilaksanakan di ruang tunggu poliklinik lantai 3 Gedung A RSUD Pandega Pangandaran dan disiarkan pula secara live melalui Instagram resmi milik RSUD Pandega Pangandaran.

Kanker serviks atau dikenal juga dengan kanker leher rahim adalah kondisi dimana terdapat penumbuhan sel-sel ganas pada leher rahim/ serviks yang tak terkendali. Sebanyak 90% pasien yang menderita kanker serviks disebabkan oleh inveksi Human Papilloma Virus (HPV).

Baca juga:  Manfaat Luar Biasa Lobak untuk Kesehatan, Si Akar Ajaib yang Perlu Anda Ketahui
NGOBATAN di RSUD Pandega: Waspada Kanker Serviks Sedini Mungkin, Berikut Faktor Penyebabnya
dr. Alexander Marvin Susatya, Sp.OG., M.Kes foto bareng warga./Dok. Humas RSUD Pandega

Kanker serviks ini dapat berkembang ketika sel yang abnormal dalam serviks mulai membelah diri tanpa terkendali. Sel yang abnormal ini dapat berkumpul kemudian menjadi tumor. Tumor tersebut dikategorikan mejadi dua yaitu tumor jinak yang tidak berbahaya dan tetap pada daerrah sumbernya tanpa menyebar, serta tumor ganas yang berbahaya, dapat menjadi kanker dan menyebar ke daerah lain.

Kanker serviks ini terjadi karena adanya paparan virus HPV. Infeksi HPV ini seringkali tidak menimbulkan gejala sehingga banyak orang tidak tahu mereka terinfeksi HPV dan banyak orang menularkan HPV tanpa menyadarinya.

Faktor risiko kanker serviks diantaranya:

1.Terinfeksi Human Papilloma Virus (HPV)
2.Berganti-ganti pasangan
3.Mempunyai penyakit sexually transmitted disease (STD)
4.Memiliki penyakit kondiloma genitalia (kutil)
5.Melakukan hubungan seksual pertama kali sebelum usia 18 tahun
6.Tidak menggunakan kondom saat berhubungan seksual dengan partner baru

Baca juga:  Pelayanan Prima: Antrian Online RSUD Pandega Pangandaran Melalui Aplikasi Mobile JKN, Ini Langkah-Langkahnya

Kanker serviks ini menjadi penyebab kematian pada banyak perempuan. Namun kanker serviks ini juga dapat dicegah dengan:

1.Deteksi sedini mungkin dengan melakukan pemeriksaan Pap Smear
2.Lakukan vaksinasi HPV
3.Melakukan gubungan seksual yang aman
4.Mengkonsumsi makanan sehat
5.Terapkan pola hidup sehat
6.Menjaga kebersihan vagina

Periksakan kesehatan organ reproduksi sedini mungkin. Lakukan konsultasi ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSUD Pandega Pangandaran yang buka setiap hari Senin s.d Sabtu.***