Optimalkan Arus Lalu Lintas: Jumlah Kendaraan yang Kembali ke Jabotabek pada Natal

Avatar of Meilani
Optimalkan Arus Lalu Lintas: Jumlah Kendaraan yang Kembali ke Jabotabek pada Natal
Ilustrasi kendaraan di jalan tol./Istimewa

PANGANDARAN TODAY – PT Jasa Marga (Persero) mencatat pencapaian luar biasa dengan 197.034 kendaraan yang kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) pada Senin, 25 Desember 2023.

Arus Lalu Lintas Melalui Gerbang Tol Utama

Kepala Corporate Communication & Community Development PT Jasa Marga, Lisye Oktaviana, menyampaikan bahwa angka tersebut mencakup akumulasi arus lalu lintas (lalin) melalui empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama.

Gerbang Tol yang Signifikan
Empat gerbang tol yang menjadi fokus adalah GT Cikupa (menuju arah Merak), GT Ciawi (menuju arah Puncak), GT Cikampek Utama (menuju arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (menuju arah Bandung).

Baca juga:  Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Hari Minggu 26 November 2023: Hujan Ringan dan Cuaca Berawan

“Total volume lalin yang kembali ke Jabotabek ini mengalami peningkatan sebesar 43,76 persen dibandingkan dengan lalin normal, mencapai 137.054 kendaraan,” ungkap Lisye Octaviana dalam keterangannya pada Kamis (21/12/2023).

Pertumbuhan Dibandingkan dengan Natal 2022
Lisye Octaviana menambahkan, “Jika dibandingkan dengan periode Natal 2022, total volume lalin ini mengalami kenaikan sebesar 10,03 persen dari 179.068 kendaraan.”

Berikut adalah rincian jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek berdasarkan arahnya:

1. Arah Timur (Trans Jawa dan Bandung)
– Sebanyak 47.617 kendaraan menuju Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 65,27 persen dari lalin normal.

– Sebanyak 50.433 kendaraan kembali ke Jabotabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang atau meningkat sebesar 60,50 persen dari lalin normal.

Baca juga:  Gibran Rakabuming Raka Belum Pastikan Cuti dari Jabatan Wali Kota Surakarta

2. Arah Barat (Merak)
– Sebanyak 49.418 kendaraan kembali ke Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 8,29 persen dibanding lalin normal.

3. Arah Selatan (Puncak)
– Jasa Marga mencatat 49.566 kendaraan kembali ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi. Angka ini meningkat sebesar 58,94 persen dari lalin normal.

Dengan demikian, prestasi luar biasa ini menandai upaya PT Jasa Marga dalam mengelola arus lalu lintas dengan efisien, memastikan kelancaran perjalanan bagi masyarakat Jabotabek, terutama selama periode liburan Natal.***