Pedagang Pantai Karapyak Demo Minta Turunkan Harga Tiket. Kadispar Tonton: Akan Dikaji Ulang

Avatar of Meilani
Pedagang Pantai Karapyak Demo Minta Turunkan Harga Tiket. Kadispar Tonton: Akan Dikaji Ulang
Tangkap layar, peadagang di pantai Karapyak lakukan aksi demo di pintu tol gate, Senin 15 Agustus 2022./Video Anto

PANGANDARANTODAY- Beredar video di media sosial, sekelompok warga yang merupakan pegadang dan pelaku usaha di objek wisata pantai Karapyak, kalipucang Kabupaten Pangandaran menggelar aksi demo.

Demo yang digelar di depan kawasan pintu tol gate atau pintu masuk ke objek wisata pantai Karapyak tersebut untuk menuntut penurunan harga tiket.

Sebelumnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran telah menaikan harga tiket masuk ke objek wisata pantai Karapyak dari kelas dua menjadi kelas satu, yang dinilai berdampak pada penurunan tingkat kunjungan wisata. 

Dalam video tersebut, sejumlah warga membawa spanduk yang bertuliskan menuntut agar harga tiket masuk ke objwk wisata pantai Karapyak diturunkan.

Baca juga:  Bupati Jeje Minta DKPKP Tuntaskan Masalah Penangkapan Baby Lobster di Pangandaran

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Pangandaran Tonton Guntari membenarkan adanya kenaikan harga di objek wisata pantai Karapyak dari kelas dua menjadi kelas satu.

Menurutnya, kenaikan harga tiket masuk objek wisata yang ada di Kab Pangandaran khususnya yang dikelola oleh pemerintah daerah sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda).

“Sebenarnya harga tiket itu sudah dilakukan sebelum liburan hari raya lebaran kemarin bersamaan dengan kenaikan harga tiket objek wisata lainnya yang ada di Kab Pangandaran,” ungkap Tonton lewat telepon Senin, 15 Agustus 2022.

Menurut Tonton, pedagang Karapyak menilai bahwa penurunan tingkat kunjungan akibat dari dinaikannya harga tiket.

“Padahal penurunan kunjungan wisata bukan hanya terjadi di objek wisata pantai Karapyak saja, tetapi menyeluruh. Di objek wisata lainnya juga sepi pengunjung,” kata Tonton.

Baca juga:  Bupati Pangandaran lakukan Takziah ke Rumah Keluarga Korban Ditabrak MOGE

Ia mengatakan, kenaikan harga tiket masuk ke objek wisata yang ada di Kab Pangandaran diberengi dengan adanya peningkatan sarana dan prasarana termasuk peningkatan akses menuju ke objek wisata untuk menambah daya tarik wisatawan.

“Jalan menuju ke objek wisata kan sudah bagus, lalu fasilitas juga ditambah. Yang masih kurang di pantai Karapyak itu tinggal jaringan internet aja yang belum maksimal,” ujarnya.

Seraya dirinya menambahkan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Pangandaran akan melakukan kajian atas tuntutan dari para pedagang dan pelaku usaha di pantai Karapyak.

“kami akan melakukan kajian dulu, apakah harga tiket akan diturunkan kembali atau tidaknya,” ujar Tonton. ***

 

Baca juga:  Pangandaran Jadi Warga Paling Bahagia se-Jawa Barat