Pemantauan Logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Pangandaran: Menjaga Integritas Pemilu dengan Teliti

Avatar of Meilani
Pemantauan Logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Pangandaran: Menjaga Integritas Pemilu dengan Teliti
Panwaslu Kec Parigi saat menggelar konferesi pers di Citumang, Sabtu 10 Februari 2024.

PANGANDARAN – Dalam menyukseskan Pemilu 2024 yang berintegritas, pemenuhan perlengkapan pemungutan suara menjadi sangat penting.

Salah satu aspek krusial dalam hal ini adalah logistik Pemilu, yang mencakup berbagai perlengkapan mulai dari surat suara hingga peralatan pendukung lainnya.

Ketua Panwaslu Kecamatan Parigi Kusnaya Adi mengatakan, Bawaslu Kabupaten Pangandaran dan timnya telah menjalankan tugas pengawasan dengan cermat terhadap logistik Pemilu 2024.

“Gudang Logistik KPU Kabupaten Pangandaran menjadi pusat pengawasan yang menyeluruh,” kata Kuswaya Adi saat menggelar konferensi persnya di Citumang, Sabtu 10 Februari 2024.

Sebelumnya, kata dia, Bawaslu Kabupaten Pangandaran telah mengawasi secara langsung proses produksi dan distribusi surat suara oleh perusahaan percetakan yang bekerja sama dengan KPU.

Baca juga:  Pemda Pangandaran Dapat Dukungan Massif dari Tokoh Agama dan Ormas Islam

“Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian jumlah, waktu, dan kualitas surat suara sesuai dengan rencana pemilu,” ucap Kuswaya Adi.

Maka kata dia, Panwaslu Kecamatan juga turut serta dalam pengawasan logistik Pemilu, terutama dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Mereka memastikan bahwa petugas sorak (Sorlip) menjalankan tugasnya dengan profesional sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ucap Kuswaya Adi.

Kuswaya Afi mengatakan, proses pendistribusian surat suara dari hasil pengawasan sorlip dilakukan dengan teliti ke Gudang Logistik Kabupaten Pangandaran.

“Selanjutnya, logistik tersebut didistribusikan ke Gudang PPK di berbagai kecamatan, termasuk Kecamatan Parigi,” ujarnya.

Kata dia, Panwaslu Kecamatan Parigi melakukan pengawasan terhadap proses penyortiran, pelipatan, dan pengesetan surat suara di gudang KPU Kabupaten Pangandaran. Mereka memastikan bahwa semua jenis logistik, seperti kotak suara, bilik suara, tinta, dan segel, tersedia sesuai kebutuhan.

Baca juga:  10 Anggota PKD di Kecamatan Parigi, Memperkuat Pengawasan Pilkada 2024

Meskipun proses distribusi logistik telah berjalan, kata Kuswaya, beberapa kendala masih ditemui. Beberapa kekurangan terjadi dalam pengiriman ATK dan surat suara, serta ditemukannya surat suara dan kotak suara yang rusak.

Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam distribusi logistik, upaya pengawasan yang teliti oleh Bawaslu dan Panwaslu Kabupaten Pangandaran menjadi kunci dalam menjaga integritas Pemilu 2024.

“Dengan terus memperbaiki proses distribusi dan memastikan ketersediaan logistik yang memadai, diharapkan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan adil bagi semua pihak,” harapnya.***