Ini Penyebab Laptop Lemot, Salah Satunya Jarang Update OS

Avatar of Meilani
Ini Penyebab Laptop Lemot, Salah Satunya Jarang Update OS
Ilustrasi laptop not responding./Pixabay

PANGANDARANTODAY- Dalam beberapa tahun terakhir ini teknologi telah jadi salah satu hal yang sangat penting untuk kehidupan manusia.

Keberadaannya memang bisa meringankan pekerjaan, salah satunya yaitu kehadiran laptop.

Laptop dipakai untuk berbagai macam kepentingan, mulai dari menyelesaikan pekerjaan, tugas kuliah maupun sekolah bahkan hingga sekedar untuk sarana hiburan.

Salah satu masalah yang sering kali dihadapi oleh para pengguna laptop yaitu laptop yang not responding.

Apa yang Jadi Penyebab Laptop Not Responding?

Laptop not responding tidak hanya membuat pekerjaan jadi terbengkalai saja, tapi hal itu juga sering membuat kesal. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa laptop Anda not responding.

Baca juga:  Keunggulan Notebook Dibanding Laptop dan PC

Hardisk perlu diganti

Penyebab utama mengapa laptop Anda bisa mengalami noteresponding yaitu dikarenakan hard disk yang sudah terlalu lama karena itu Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Hard disk mempunyai batasan usia dan ketika sudah terlalu lama performa pun akan menurun.

Harddisk Penuh

Penyebab berikutnya mengapa di sini laptop Anda mengalami not responding yaitu karena hardisk sudah penuh.

Data yang terlalu banyak memberikan faktor penyebab laptop tersebut jadi lemot. Jika Ardi setelah hampir penuh mencapai 95% maka kemungkinan laptop akan lemot.

Ukuran RAM yang Terlalu Kecil

Kapasitas RAM yang terdapat pada laptop jadi salah satu faktor penting pada kecepatan. Jika RAM laptop kecil maka Anda dapat mencoba mengganti dengan RAM yang lebih besar. Dengan menggunakan kapasitas RAM besar pasti hal itu akan membuat kinerja laptop baik.

Baca juga:  Apakah Dunia Siap untuk Ponsel yang Dapat Dilipat?

Jarang Update OS

Penyebab berikutnya yaitu karena jarang update OS. Anda di sini harus selalu rutin memperbarui sistem operasi.

Hal tersebut untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat pada laptop. Jika jarang melakukan update maka laptop akan sering mengalami not responding.

Kamu itu mulai sekarang Anda harus lebih memperhatikan lagi mengenai masalah sistem operasi tersebut. Pastikan Anda selalu mengupdatenya.

Banyak Startup Programs

Jika di sini Anda mempunyai banyak sekali aplikasi di laptop maka hal itu bisa menjadi salah satu penyebab mengapa laptop Anda not responding.

Hal itu dikarenakan aplikasi tersebut akan berjalan di background secara otomatis ketika Anda mulai menyalakan laptop.

Makin banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika proses booting hal itu akan menjadikan laptop Anda akan makin lemot.

Baca juga:  Teknologi Otomatis yang Terdapat di Smartphone

Terserang Virus

Penyebab berikutnya mengapa laptop Anda bisa mengalami not responding yaitu dikarenakan serangan virus.

Virus yang menyerang perangkat elektronik tersebut memang akan menyebabkan perangkat jadi memiliki kinerja yang lambat bahkan bisa merusak laptop.

Maka dari itulah di sini Anda perlu waspada ketika menerima file, baik itu file yang Anda terima secara offline ataupun online karena ditakutkan membawa virus untuk perangkat laptop Anda.***