Berita  

Ridwan Kamil Resmikan Alun-Alun Pangbagea Pangandaran yang Termegah

Avatar of Meilani
Ridwan Kamil Resmikan Alun-Alun Pangbagea Pangandaran yang Termegah
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat menandatangani prasasti jembatan merah dan alun-alun Pangbagea dalam peresmiannya, Minggu (20/2/2022)

PANGANDARANTODAY- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan alun-alun Pangbagea di kota baru pusat perkantoran pemerintah Kabupaten Pangandaran di Desa Cintakarya Parigi, Minggu, (20/2/2022).

Dari rangkaian kegiatannya, Ridwan Kamil meresmikan dua fasilitas umum yaitu, alun-alun Pangbagea dan jembatan Merah di muara Cikidang pantai timur Pangandaran. Tidak hanya itu, Ridwan Kamil juga menyerahkan bantuan 38.290 unit rutilahu dan operasi pasar minyak goreng.

Ridwan Kamil mengatakan, kedatangannya ke Pangandaran yang pertama membawa bantuan ribuan minyak goreng yang ternyata di pasaran masih langka dan mahal. Dan operasi pasar minyak goreng ini akan dilakukan di daerah seluruh Jawa Barat yang dimulai dari Kab Pangandaran.

Selanjutkan kata Ridwan Kamil, melakukan serah terima rumah-rumah warga yang sudah direnovasi (rutilahu) yang berjumlah 973 unit di Desa Cintaratu Parigi.

Baca juga:  Satuan Polairud Lakukan Patroli Pengamanan Pantai Pangandaran

“Dan ada dua infrastruktur untuk mempermudahkan perekonomian di kab Pangandaran yaitu jembatan di Cikidang pantai timur, warga menyebutnya jembatan merah, kemudian meresmikan alun-alun yang juga menjadi pusat pemerintahan yang bisa dibanggakan di daerah paling bungsu di Jawa Barat. karena kebanggaan sebuah daerah itu ada di wajah alun-alun, itu teorinya,” ungka Ridwan Kamil.

Kata dia, sudah ada lebih dari 12 alun-alun di Jawa Barat yang sudah diresmikan dan alun-alun di Pangandaran bantuan dari pemerintah provinsi dan besok saya akan meresmikan alun-alun yang di Kota Bekasi.

“Ini salah satu alun-alun yang paling megah dan paling besar, anggarannya Rp 24 miliar yang dikerjakan selama dua tahun, terbagi dua lantai dan saya dengan dari pak Bupati bahwa alun-alun ini menjadi kebanggaan dan sudah dipakai untuk kegiatan-kegiatan publik, tentunya Pemprov sangat mendukung,” kata Ridwan kamil.

Baca juga:  Pelantikan PAW Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran Tahun 2022 Melalui Rapat Paripurna

Kata Ridwan Kamil, tahun ini ada Rp 85 miliar program pembangunan jalan jembatan di pantai Karang Tirta yang bisa menyambungkan jalan jalur pantai Pangandaran dengan Batu Hiu.

“Jembatannya di desain khusus, dan saya akan terlibat, ada ornamen-ornamen yang membuat jembatan menjadi istimewa,” ujar Ridwan Kamil menyampaikan agenda kegiatan kedinasannya di Kab Pangandaran.

Seraya dirinya berharap, mudah-mudahan bisa disampaikan secara luas oleh media, terkait rasa sayang dan rasa dukungan kepada Pangandaran dari program-program Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Alun-alun ini dinamakan Pangbagea yang artinya Rindu,Hatur Nuhun dan Bahagia,” pungkasnya.

Sementara Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, alun-alun Pangbagea yang berada di Desa Cintakarya Parigi adalah bantuan dari Pemprov, seluruh perkantoran pemerintah akan berpusat disini.

Baca juga:  Delapan Tahun Berdiri, Indodax Sudah Miliki 5 Juta Member

“Nanti jalan akan dibangun dengan lebar 20 meter. Ini alun-alun merupakan bagian kawasan dari kota baru yang sedang kita desain dan dibangun,” ujarnya.

Jeje juga mengatakan, untuk peningkatan pariwisata di Pangandaran, tahun ini jembatan yang menghubungi jalur pantai mulai dari pantai Pangandaran hingga ke pantai Madasari akan tersambung.

“Mulai dari pantai Pangandaran, Karang Tirta, Batu Hiu, Nusawiru, Batukaras sampai ke pantai Madasari,” pungkasnya.(*)