SEJARAH RSUD PANDEGA Pangandaran, Rumah Sakit Daerah Paling Keren di Jawa Barat

Avatar of Meilani
SEJARAH RSUD PANDEGA Pangandaran, Rumah Sakit Daerah Paling Keren di Jawa Barat
Gedung RSUD Pandega Pangandaran.

PANGANDARANTODAY- Pemerintah Kabupaten Pangandaran akhirnya mempunyai RSUD setelah Gubernur Jabar M. Ridwan Kamil menandatangan peresmian beroperasinya rumah sakit ini pada tanggal 4 April 2020.

RSUD PANDEGA yang memiliki kepanjangan RSUD Pangandaran Sehat dan Bahagia itu merupakan nama pemberian dari Kang Emil, yang diharapkan dapat menjaga masyarakat Kabupaten Pangandaran dalam bidang kesehatan.

Menurut Gubernur Jawa Barat, RSUD PANDEGA ini merupakan Rumah Sakit milik daerah yang paling keren di Jawa Barat.
“Ini merupakan rumah sakit daerah yang paling keren di Jawa Barat, untuk Rumah Sakit Umum Daerah”.

Sebenarnya apa yang membuat Gubernur Jawa Barat itu mengatakan bahwa RSUD PANDEGA itu merupakan RSUD paling keren di Jawa Barat, menurut Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata RSUD PANDEGA ini dibangun bukan dengan uang yang sedikit, mendekati angka Rp.400 miliar, ujarnya.

Baca juga:  Mengupas Kegiatan SOPAN Bersama KOHATI HMI Pangandaran, RSUD Pandega Libatkan Kades Kesehatan

Ia pun menambahkan rumah sakit ini akan dibentuk dengan ciri tersendiri, sehingga nantinya rumah sakit ini menjadi rumah sakit kebanggaan masyarakat Kabupaten Pangandaran.

“RSUD PANDEGA harus mempunyai branding tersendiri, kelebihan tersendiri, harus mempunyai nilai plus dibanding dengan rumah sakit lainnya”.

Bangunan ini diatas lahan 5 hektar, terdiri dari beberapa gedung yang masing masing mempunyai peruntukannya, 4 lantai dengan bangunan dirancang tahan gempa.

Jenis pelayanan yang di RSUD Pandega : Instalasi Gawat Darurat 24 jam, Poliklinik Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam, Poliklinik Spesialis Mata, Poliklinik Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik, Poliklinik Spesialis Bedah, Poliklinik Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi (Bedah Tulang), Poliklinik Spesialis Kulit dan Kelamin, Poliklinik Spesialis Saraf, Poliklinik Dokter Gigi Spesialis Kesehatan Gigi Anak, Poliklinik Spesialis Anak, Klinik Medikal Check Up (MCU) dan Poliklinik Spesialis Penyakit Mulut, Perinatologi, Kamar Operasi (OK), Fisioterapi, Laboratorium, Radiologi, Farmasi, Kamar Bersalin (VK), Ruang Nifas, Insentive Care Unit (ICU), High Care Unit (HCU), Rawat Inap kelas III, II, I Utama, VIP. Jumlah tempat tidur 196 buah, dan Dokter spesialisnya ada 20.

Baca juga:  Bupati Jeje Melepas Rombongan Ratusan Jamaah Haji Asal Pangandaran

Selain itu karena Pangandaran merupakan daerah tujuan wisata nasional dan internasional, tentu saja RSUD PANDEGA diproyeksikan sebagai bagian dari pengembangan wisata, dan tak menutup kemungkinan menjadi rumah sakit bertaraf Internasional.***