3 Desa di Pangandaran Juara Lomba BBGRM 2023 Tingkat Kabupaten

Avatar of Meilani
3 Desa di Pangandaran Juara Lomba BBGRM 2023 Tingkat Kabupaten
Bupati dan Wakil Bupati foto bareng nersama para memenang lomba BBGRM, Kamis 12 Oktober 2023.

PANGANDARANTODAY – Tiga desa di Kabupaten Pangandaran mendapat juara lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2023.

Tampak hadir Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Ujang Endin Indrawan beserta istri, Dandim 0625 Pangandaran Letkol Inf. Indra Mardianto Subroto dan Kapolres yang diwakili oleh Plt. Kapolsek Pangandaran Kompol Usep Sopiyan.

Lomba BBGRM yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Pangandaran diraih oleh Desa Batukaras Kecamatan Cijulang sebagai juara 1, Desa Parakanmanggu Kecamatan Parigi juara 2 dan Desa Sukamaju Kecamatan Mangunjaya meraih juara 3.

Piala dan hadiah diserahkan kepada Kepala Desa pemenang lomba BBGRM 2023 oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata di alun-alun Paamprokan, Kamis 12 Oktober 2023.

Baca juga:  Berwisata ke Gua di Green Canyon Pangandaran Sangat Mengasyikan

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Pangandaran Dedi Surachman melalui Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Lembaga Kemasyarakat, Lembaga Adat dan Masyarakat Agus Gumilar mengatakan, ada 10 dari 93 desa yang terpilih menjadi finalis lomba BBGRM tahun 2023 yang melanjutkan ke tingkat Kabupaten Pangandaran.

“Dari hasil penilaian, ada tiga yang terpilih sebagai juara,” ungkap Agus, Kamis 12 Oktober 2023.

Agus mengatakan, penilaian melibatkan pihak Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, dan Satpol PP.

Menurut Agus, ada 4 kriteria dalam penilaian lomba BBGRM yaitu Bidang Kemasyarakatan, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial, Budaya dan Agama serta Bidang Lingkungan.

Sementara Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, perilaku gotong royong masyarakat dalam memajukan pembangunan desa harus tetap terjaga.

Baca juga:  Tindaklanjuti Dugaan Pelanggaran Pemilu 2024: Rekomendasi Perbaikan dari Panwaslu Kecamatan Parigi

“Gotong royongnya jangan cuma dilakukan satu bulan aja, itu mah formalitas only,” ucap Jeje.

Jeje meminta kepada Dinas Sosial PMD Kab Pangandaran untuk menambah nilai hadiahnya agar lebih semangat lagi untuk meningkatkan nilai-nilai gotong royong masyarakat desa.

Seraya Jeje mengatakan, di tahun anggaran 2024 akan menambah dana alokasi pembangunan bagi desa yang memenangkan juara lomba BBGRM.

“Dananya untuk pembangunan infrastruktur dan lainnya. Dibangunnya tahun 2024,” pungkasnya.***