Bupati Jeje Resmikan Bale ADHYAKSA KEJARI Ciamis di Pangandaran

Avatar of Redaksi
Bupati Jeje Resmikan Bale ADHYAKSA KEJARI Ciamis di Pangandaran
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata bersama Kajari Ciamis saat di ruangan Pojok Pelayanan Tilang Bale Adhyaksa.

PANGANDARANTODAY- Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata meresmikan kantor Bale Adhyaksa Kejaksaan Negeri Ciamis di Karangsari, Desa Pananjung, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, tepatnya di sebelah barat kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga.

Bupati Pangandaran mengatakan, Kabupaten Pangandaran belum memiliki kantor Kejaksaan Negeri, sehingga masyarakat merasa kesulitan untuk mendapatkan pelayanan, seperti diantaranya mengambil surat tilang atau pengaduan hukum dan sebagainya.

Jadi masyarakat harus pergi ke kantor Kejaksaan Negeri di Ciamis. Kasihan kan jauh,” ungkap Jeje, Selasa, 21 Juni 2022.

Maka dengan adanya Bale Adhyaksa Kejaksaan Negeri Ciamis ini, kata Jeje, bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ditempat yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis Erny Veronica Maramba mengatakan, wilayah hukum Kejaksaan Negeri Ciamis meliputi Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran.

Nah kita belum punya tempat sementara di Pangandaran, untuk optimalisasi tugas fungsi di Kab Pangandaran sambil menunggu berdirinya Kejaksaan Negeri di Pangandaran maka digunakan gedung milik Pemda Pangandaran,” kata Erny.

Ia menjelaskan, kantor Bale Adhyaksa Kejari Ciamis ini merupakan kantor layanan dasar dari fungsi Kejari, seperti ada Pojok koordinasi dan konsultasi diantaranya ada penyidik Polri dengan Jaksa yang ditunjuk untuk meneliti berkas perkara.

Kemudian lanjut Erny, di Bale ini juga ada pelayanan Pojok konsultasi hukum gratis atau pelayanan hukum gratis bagi masyarakat di Kabupaten Pangandaran.

Maka dirinya mengajak masyarakat Pangandaran yang ingin mendapatkan pelayanan silahkan datang ke Bale Adhyaksa yang permasalahan hukumnya dari sisi Perdata dan Tata Usaha Negara.

Begitu juga dengan layanan tilang kendaraan seminggu sekali bisa mengambil Barang Bukti (BB) tilangnya di Bale Adhyaksa. Lalu ada Pojok Pengaduan Masyarakat,” ujar Erny, seraya dirinya menambahkan, pelayanan akan dilakukan seminggu sekali.

Nanti kita sepakati pelayanan di buka setiap hari Kamis dengan menempatkan 5 personil dari Kejari Ciamis,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam peresmian kantor pelayanan tersebut, Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan, Sekda Kusdiana, Asisten I Rida Nirwana, Asisten II Dadang Dimyati, Asisten III Suheryana, Ketua DPRD Asep Noordin serta sejumlah Kepala Dinas dan Camat, Perwakilan Pengadilan Negeri Ciamis, Kapolres Pangandaran AKBP. Hidayat, Danpos TNI Angkatan Laut Kapten Agus Wadyo serta perwakilan dari TNI Angkatan Darat.***