Ketahui Kelebihan Android 12

Avatar of Meilani
Ketahui Kelebihan Android 12
Ponsel Android 12./gridid

PANGANDARANTODAY- Pada bulan Oktober tahun 2021 android 12 telah resmi diluncurkan. Pembaruan tersebut adalah salah satu bentuk update terbesar selama beberapa tahun.

Serta memanjakan para pengguna dengan berbagai macam fitur terbaru. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Android 12.

Apa Saja Kelebihan Android 12?

Selain oleh karena fitur-fiturnya yang terbaru, desain dari sistem operasi tersebut juga telah mengalami banyak sekali perubahan yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan Android 11 dan versi yang sebelumnya.

Tampilan yang Apik

Tampilannya android 12 jauh lebih segar dengan animasi yang lebih mulus. Mulanya Android 12 hanya tersedia untuk ponsel pixel dari Google.

Tapi perlahan-lahan merek smartphone Android yang lain juga bisa memperoleh versi Android terbaru tersebut.

Baca juga:  Versi Aplikasi dari Google Play Store Yang Membingungkan

Pada dasarnya sistem operasi akan mengambil warna dari wallpaper yang sedang dipakai dan memakainya untuk tema sistem. Tema tersebut diterapkan untuk semua elemen seperti panel notifikasi, aplikasi, lock screen dan lain-lain.

Sistem operasi tersebut cenderung menggunakan warna pastel. Jika Anda kurang puas dengan warna yang dipilih maka Anda juga bisa mengatur serta memilih warna yang Anda inginkan.

Desain Widget Baru

Pemilihan widget sudah dirombak untuk memberikan tampilan baru yang jauh lebih nyaman untuk dipandang. Desain baru dari Android 12 juga menyesuaikan warna sejalan dengan tema material you.

Widget juga sudah diberikan beberapa API guna meningkatkan performa serta untuk membantu para pengembang dalam memperbarui fungsi dan tampilannya.

Baca juga:  Kriteria Ponsel Terbaik Wajib untuk Dipilih

Anda juga dapat mempersonalisasi widget yang Anda pakai supaya terlihat jauh lebih cocok di home screen.

Panel Quick Setting

Panel quick setting pada android 12 juga telah dirombak. Tombol kecil yang sekarang diganti oleh tombol persegi panjang yang jauh lebih besar dengan sudut yang membulat.

Perubahan tersebut dilakukan agar membuatnya jadi lebih besar dan mudah untuk dibaca.

Scrolling Screenshot

Mengambil screenshot di zaman sekarang terkadang tidaklah cukup. Pengguna sering kali perlu untuk menscreenshot beberapa layar, alhasil hal itu harus menyebabkan banyak gambar yang perlu untuk disimpan di galeri.

Dengan adanya android 12 Anda tak perlu lagi mengambil screenshot berulang kali untuk menyimpan daftar yang cukup panjang.

Baca juga:  Samsung Foldables untuk Mendapatkan Peningkatan Chipset

Di sini Anda hanya cukup mengklik kemudian tekan tombol capture more guna menangkap layar dengan cara bergulir.

Peningkatan untuk Auto Rotate

Selama bertahun-tahun auto rotate ditentukan oleh sensor akselerometer pada ponsel. Sehingga jika Anda memutar handphone layar nantinya akan melakukan hal sama guna menyesuaikan pandangan dari si pengguna.

Saat ini android 12 mulai memperkenalkan auto rotate menggunakan deteksi wajah. Jadi layar HP Anda akan mendeteksi wajah dan berputar jika orientasi muka Anda juga berubah.

Dengan demikian layar pun tak akan berputar saat Anda tengah berbaring miring.***