Perbedaan Vaksinasi Primer dan Booster, Ini Penjelasan dari RSUD Pandega Pangandaran

Avatar of Meilani
Perbedaan Vaksinasi Primer dan Booster, Ini Penjelasan dari RSUD Pandega Pangandaran
Sekda Pangandaran Drs. H. Kusdiana MM saat menjalani vaksinasi Covid-19.

PANGANDARANTODAY- Mungkin belum banyak yang tahu apa perbedaan vaksinasi Primer dengan vaksinasi Booster!

Halo Sahabat Pandega! Pemerintah memulai program vaksinasi booster pada Rabu, 12 Januari 2022 dan akan dilakukan secara bertahap hingga sekarang. Sama seperti vaksinasi COVID-19 primer, vaksin booster juga bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap COVID-19.

WHO merekomendasikan bahwa pemberian vaksin booster dapat menggunakan vaksin yang sejenis atau homolog atau juga bisa vaksin yang berbeda atau heterolog. Sebagaimana yang dilansir dari laman Kemenkes RI melalui Instagram @rsud_pangandaran

Heterolog diartikan sebagai vaksinasi booster yang menggunakan jenis vaksin berbeda dengan dosis pertama dan dosis kedua. Sementara Homolog merupakan vaksinasi booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama seperti vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Baca juga:  RAMALAN Zodiak Gemini Hari Ini Selasa, 3 Mei 2022

“Beberapa peneliti dalam dan luar negeri menunjukan bahwa vaksin Booster dengan jenis kombinasi yang berbeda (Heterolog) menunjukan peningkatan antibodi yang relatif sama dengan vaksin Booster dengan jenis yang sama (homolog)”.

Yuk simak perbedaan selengkapnya vaksinasi primer dan vaksinasi booster pada postingan berikut ini!

1. Vaksinasi Primer
Vaksinasi dosis utama untuk memberikan imunitas/kekebalan terhadap penyakit Covid-19 dalam jangka waktu tertentu.

2. Vaksinasi Booster
Vaksinasi setelah seseorang mendapatkan vaksin Primer dosis lengkap, yang bertujuan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan yang diberikan secara Homolog dan Heterolog.***