Putin Secara Resmi Mendeklarasikan Perang Terhadap Ukraina Pada 9 Mei

Avatar of Meilani
Putin Secara Resmi Mendeklarasikan Perang Terhadap Ukraina Pada 9 Mei
Putin mungkin mencoba memaksakan skenario 'Korea' di Ukraina. Sumber Gambar: IANS News

PANGANDARANTODAY- Presiden Rusia Vladimir Putin secara resmi dapat mendeklarasikan perang terhadap Ukraina segera setelah 9 Mei, sebuah langkah yang akan memungkinkan mobilisasi penuh pasukan cadangan Moskow ketika upaya invasi terus goyah, para pejabat AS dan Barat percaya.

9 Mei, yang dikenal sebagai ‘Hari Kemenangan’ di Rusia, memperingati kekalahan negara itu dari Nazi pada 1945, lapor CNN. Sebagaimana yang dilansir dari Prokerala.

Pejabat Barat telah lama percaya bahwa Putin akan memanfaatkan makna simbolis dan nilai propaganda hari itu untuk mengumumkan pencapaian militer di Ukraina, eskalasi besar permusuhan, atau keduanya.

Para pejabat telah mulai mengasah satu skenario, yaitu bahwa Putin secara resmi menyatakan perang terhadap Ukraina pada 9 Mei.

Baca juga:  Gencatan Senjata Antara Israel dan Hamas Dimulai, Wilayah Gaza Berpotensi Tenang

Sampai saat ini, Putin bersikeras menyebut konflik brutal selama berbulan-bulan sebagai ‘operasi militer khusus’, yang secara efektif melarang kata-kata seperti invasi dan perang.

‘Saya pikir dia akan mencoba untuk pindah dari ‘operasi khusus’-nya,’ kata Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace kepada Radio LBC pekan lalu.

‘Dia telah melakukan segalanya, meletakkan dasar untuk bisa mengatakan ‘lihat, sekarang ini adalah perang melawan Nazi, dan yang saya butuhkan adalah lebih banyak orang. Saya membutuhkan lebih banyak meriam Rusia.” Sepanjang konflik, Putin terus menerus membingkai invasinya ke Ukraina, sebuah negara dengan presiden Yahudi, sebagai kampanye ‘denazifikasi’, sebuah deskripsi yang dibantah oleh sejarawan dan pengamat politik, CNN melaporkan.

Baca juga:  LIKA-LIKU! Dulu Peraih Gelar S2 Termuda di Dunia, Sekarang Malah Jadi Beban Orang tua

Wallace menambahkan bahwa dia ‘tidak akan terkejut, dan saya tidak memiliki informasi tentang ini, bahwa dia mungkin akan menyatakan pada May Day ini bahwa ‘kita sekarang berperang dengan Nazi dunia dan kita perlu memobilisasi massa Orang-orang Rusia”.***